Roboguru

Pada proses embriologi perbandingan setelah terbentuk embrio pada vertebrata akan terbentuk organ ekstrimitas yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan adanya peristiwa . . . .

Pertanyaan

Pada proses embriologi perbandingan setelah terbentuk embrio pada vertebrata akan terbentuk organ ekstrimitas yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan adanya peristiwa . . . .undefined 

  1. mutasiundefined  

  2. adaptasi morfologiundefined  

  3. analogiundefined  

  4. evolusi divergenundefined  

  5. evolusi konvergenundefined  

Pembahasan Soal:

Dalam perbandingan embriologi anggota kelompok vertebrata, ditemukan hasil bahwa semua anggota vertebrata memiliki kesamaan struktur dalam masa embrio, namun akhirnya seiring perkembangan embrio membentuk suatu individu, ternyata membentuk organ-organ yang berbeda. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari munculnya evolusi secara divergen. Evolusi divergen terjadi saat spesies yang berbeda struktur tubuh misalnya dari segi morfologi, ternyata berasal dari garis keturunan yang sama. Persamaan bentuk dan struktur embrio tersebut yang menunjukkan bahwa anggota kelompok vertebrata berasal dari garis keturunan yang sama dan mengalami proses evolusi secara divergen. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved