Roboguru

Pada proses bioteknologi modern banyak menerapkan ...

Pada proses bioteknologi modern banyak menerapkan teknik rekayasa genetika. Bagaimana langkah-langkah teknik rekayasa genetika?

Jawaban:

Langkah-langkah dalam rekayasa genetik adalah sebagai berikut: 

  1. Pertama, mencari organisme yang secara alamiah mengandung sifat yang diinginkan (seperti tanaman jagung yang bertongkol besar, warna bunga mawar yang menarik).
  2. Mengekstrasi DNA dari organisme tersebut. Gen yang diinginkan tersebut harus ditempatkan dan disalin dari ribuan gen yang diekstrak. Hal ini disebut kloning gen. Gen kemungkinan dimodifikasi sedikit agar mampu bekerja dengan baik pada organisme penerima
  3. Gen baru, disebut transgen, dimasukkan ke dalam sel organisme penerima. Hal ini disebut transformasi. Teknik transformasi paling umum yaitu menggunakan bakteri yang secara alamiah dan genetik merekayasa tanaman menggunakan DNA nya sendiri. Transgen ini dimasukkan ke bakteri, yang kemudian dimasukkan ke dalam sel organisme penerima. Teknik lainnya adalah gene gun method, yaitu menembak partikel emas mikroskopik yang dibungkus dengan salinan transgen ke dalam sel organisme penerima. Dengan teknik-teknik ini, perekayasa genetik tidak mempunyai kendali di mana atau apakah transgen telah masuk ke dalam genom. Sebagai hasilnya, dibutuhkan ratusan percobaan untuk membuat beberapa organisme transgenik.
  4. Setelah organisme transgenik diciptakan, organisme diperkenalkan ke lingkungan luar menggunakan teknik pemuliaan. Jadi, rekayasa genetik tidak menggantikan kebutuhan teknik pemuliaan, rekayasa genetik hanya menambah cara untuk menambah sifat baru ke dalam suatu populasi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved