Roboguru

Pada potongan melintang tanaman air banyak ditemui rongga-rongga udara apabila diamati melalui mikroskop, gelembung udara tersebut adalah....

Pertanyaan

Pada potongan melintang tanaman air banyak ditemui rongga-rongga udara apabila diamati melalui mikroskop, gelembung udara tersebut adalah....space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tanaman air memiliki kemampuan mengapung di atas permukaan air karena memiliki gelembung udara. Jika dilihat menggunakan mikroskop pada potongan melintang bagian tanaman tersebut maka dapat diketahui bahwa jaringan yang berperan dalam kemampuan tersebut adalah jaringan parenkim udara atau disebut juga dengan aerenkim. Aerenkim merupakan jaringan parenkim yang memiliki kemampuan untuk menyimpan udara karena memiliki ruang antar sel yang sangat besar. Aerenkim berfungsi untuk membantu menjaga agar tidak kelebihan air bagi tanaman yang hidup di perairan atau dekat dengan sumber air.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelainan atau gangguan yang terjadi pada ginjal adalah ....

Pembahasan Soal:

Batu ginjal (nefrolitiasis) adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di ginjal. Glukosuria adalah kondisi ketika urin mengandung gula. Kondisi ini umumnya terjadi karena hiperglikemia atau tingginya kadar gula darah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Jaringan yang berfungsi sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya dari kerusakan mekanis dan kekeringan adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Jaringan epidermis adalah lapisan sel yang berada paling luar, yaitu pada permukaan organ primer tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, dan buah. Jaringan epidermis berfungsi melindungi bagian dalam tumbuhan sehingga jaringan epidermis disebut jaringan pelindung. Sel-sel epidermis dapat berkembang menjadi alat tambahan atau derivat epidermis, misalnya trikoma. Trikoma umumnya berbentuk rambut, namun ada juga trikoma yang berbentuk sisik dan duri. Fungsi trikoma bagi tumbuhan salah satunya mampu mengurangi penguapan (apabila terdapat pada epidermis daun) sehingga dapat mencegah tumbuhan mengalami kekeringan.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pada tumbuhan, air dari akar dapat naik sampai ke daun disebabkan oleh daya kapilaritas batang. Pernyataan yang benar terkait peristiwa tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pengangkutan air pada tumbuhan dimulai dari akar tumbuhan. Tekanan akar membuat air dapat diserap dengan cara osmosis melalui rambut akar ke dalam pembuluh xilem. Setelah itu adanya gaya kapilaritas pada pembuluh mengakibatkan air dapat bergerak naik ke atas tumbuhan. Semakin mencapai ujung tumbuhan ukuran batang semakin kecil sehingga gaya kapilaritas semakin tinggi dan menyebabkan air dapat menjangkau daun-daun pada ujung batang tumbuhan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat mengenai proses pengangkutan hasil fotosintesis oleh pembuluh floem adalah ....

Pembahasan Soal:

Semua bagian tumbuhan yaitu akar, batang, daun, dan bagian lainnya memerlukan nutrisi. Agar kebutuhan nutrisi di setiap bagian tumbuhan terpenuhi maka dibutuhkan suatu proses pengangkutan nutrisi hasil fotosintesis berupa gula dan asam amino ke seluruh tubuh tumbuhan. Pengangkutan hasil fotosintesis berupa gula dan asam amino ke seluruh tubuh tumbuhan terjadi melalui pembuluh tapis (floem).

Fotosintat dari sumber gula misalnya pada daun (mesofil daun), akan dipindahkan ke pembuluh tapis melalui plasmodesmata dan transpor aktif. Perpindahan fotosintat ke pembuluh tapis ini, mengurangi potensial air didalam unsur pembuluh tapis yang menyebabkan pembuluh tapis mengambil air melalui osmosis dari pembuluh kayu (xilem).

Air yang masuk ke pembuluh tapis menyebabkan tekanan turgor di pembuluh tapis meningkat. Tekanan turgor ini yang membuat fotosintat, air, getah floem, dan lainnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tekanan di pembuluh tapis yang lebih tinggi dari pada di rosot gula (penyimpanan gula) menyebabkan terjadinya proses difusi terfasilitasi unsur fotosintat ke rosot gula. Selain itu perpindahan dari pembuluh tapis ke rosot gula juga bisa terjadi secara transpor aktif.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan pernyataan yang tepat mengenai proses pengangkutan hasil fotosintesis oleh pembuluh floem adalah proses pemindahan gula dari mesofil daun ke pembuluh floem dilakukan secara transpor aktif.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Daya yang menyebabkan air dapat terangkut ke atas dan diedarkan ke bagian tumbuhan lainnya pada tumbuhan disebut  ....

Pembahasan Soal:

Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri atas xilem dan floem. Xilem berfungsi dalam sirkulasi atau pengangkutan air dan mineral dari akar. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Proses pengangkutan air pada tumbuhan melalui jaringan pengangkut, mengikuti kaidah teori kapilaritas. Terdapat tiga faktor yang memengaruhi sampainya air hingga ke dahan tertinggi, yaitu :

  1. Tekanan akar. Faktor yang menyebabkan air dapat naik ke daun tertinggi dalam tumbuhan adalah tekanan akar. Air diserap melalui akar. Akar memiliki rambut akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan air. Proses penyerapan air menyebabkan akar menekankan air hingga air masuk ke dalam pembuluh xilem, dalam pembuluh ini air diangkut menuju ke batang daun yang letaknya lebih tinggi. 
  2. Daya kapilaritas batang. Air dapat diangkut dari akar ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas batang. Daya kapilaritas batang adalah kemampuan xilem yang memiliki diameter sangat kecil (kapiler) untuk menaikkan permukaan air lebih tinggi dibanding dengan di luar pembuluh.
  3. Daya hisap daun. Daya hisap daun adalah kemampuan daun untuk menyerap air dari jaringan yang ada dibawahnya yaitu dari batang. Kemampuan ini disebabkan karena tekanan osmotik pada sel daun lebih tinggi daripada sel batang. Hal ini terjadi karena pada daun mengalami proses transpirasi (peristiwa pelepasan uap air dari daun), sehingga tekanan osmotik di daun lebih tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved