Roboguru

Pada peta tersebut warna coklat menunjukkan daerah ...

Pertanyaan

Pada peta tersebut warna coklat menunjukkan daerah ...

 

  1. Dataran rendahspace 

  2. Perbukitanspace 

  3. Dataran tinggi

  4. Pegununganspace 

Pembahasan Soal:

Simbol warna pada peta menggambarkan mengenai ketinggian tempat. Warna ketinggian dan kedalaman disesuaikan dengan objek pada peta yang menunjukkan gradasi warna secara teratur. Warna cokelat digunakan untuk menggambarkan daerah pegunungan. Warna cokelat tua untuk daerah pegunungan yang tinggi dan cokelat muda untuk daerah pegunungan yang rendah.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sekelompok pelajar SMA sedang merencanakan kegiatan pendakian gunung. Jenis peta yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pendakian gunung adalah. . .

Pembahasan Soal:

Pada ilustrasi yang tergambar, seorang siswa SMA ingin mendaki Gunung, peta yang paling tepat untuk dimiliki adalah Peta Topografi. Karena Peta Topografi memiliki arti Peta yang memperlihatkan keadaan bentuk muka bumi berupa ketinggian yang memiliki dimensi. Peta ini sangat cocok dikaji untuk seseorang yang ingin mendaki gunung. Oleh karena itu untuk jawaban soal ini yang paling tepat adalah Peta Topografi.

Roboguru

Peta geologi merupakan salah satu peta yang bersifat statis karena ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan objek yang dipetakannya, peta dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu peta statis dan peta dinamis. Peta statis adalah peta yang objeknya bersifat cenderung tetap atau tidak berubah dalam waktu yang lama. Sementara, objek yang digambarkan pada peta dinamis mudah berubah dalam waktu yang cepat sehingga harus diperbarui terus menerus. Peta geologi merupakan contoh dari peta statis karena sifat objeknya yang tidak mudah berubah dalam waktu yang sangat lama. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Salah satu ciri flora yang terdapat pada kelompok Indo-Malayan adalah....

Pembahasan Soal:

Persebaran flora di kepulauan Indonesia ditentukan oleh faktor geologi, yaitu adanya Paparan Sunda di bagian barat (zona orientalis) dan Paparan Sahul di bagian timur (zona australis) yang berbeda sehingga dapat ditarik garis pemisah di antaranya. Persebaran flora di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu wilayah Indonesia bagian barat, wilayah Indonesia bagian timur dan wilayah Indonesia bagian tengah. Wilayah Indonesia bagian barat atau kelompok Indo-Malayan meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Ciri flora Indo-Malayan di antaranya sebagai berikut.

  1. Jenis meranti-merantian sangat banyak
  2. Terdapat berbagai jenis rotan
  3. Tidak terdapat hutan kayu putih
  4. Jenis tumbuhan matoa sedikit
  5. Jenis tumbuhan sagu sedikit
  6. Terdapat berbagai jenis nangka

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Garis khayal bumi yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan disebut....

Pembahasan Soal:

Peta adalah gambaran umum permukaan bumi pada datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi oleh simbol dan tulisan sebagai keterangan. Komponen peta merupakan unsur kelengkapan peta di antaranya meliputi judul peta, skala peta, arah mata angin, simbol peta, warna peta, tipe huruf, garis astronomis, inset, garis tepi, legenda, sumber dan tahun pembuatan. Garis astronomis terdiri dari garis lintang dan garis bujur yang digunakan untuk menunjukkan letak suatu tempat atau wilayah. Garis bujur adalah garis khayal bumi yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan, berfungsi sebagai garis imajiner untuk membagi zona waktu wilayah-wilayah di Bumi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Pada peta umum, tinggi rendahnya suatu tempat digambarkan dengan simbol ....

Pembahasan Soal:

Simbol merupakan tanda untuk mewakilkan kenampakan objek dipermukaan bumi pada peta. Simbol dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya simbol warna. Simbol warna pada peta diartikan sebagai representasi ketinggian dan medan yang sesungguhnya dari suatu wilayah. Simbol warna pada peta dapat dikaitkan dengan beberapa hal antara lain sebagai berikut.

  1. Hijau menunjukan suatu daerah dengan ketinggian kurang dari 200 meter warna ini mewakili bentuk muka bumi berupa dataran rendah ;
  2. Hijau muda menunjukan daerah yang memiliki ketinggian antara 200 - 400 meter di atas permukaan laut, bentuk permukaan yang mendominasi daerah landai hingga bergelombang ;
  3. Kuning menunjukan daerah dengan ketinggian 400 - 1.000 meter di atas permukaan laut dengan daerah yang mendominasi adalah dataran tinggi dan perbukitan ; dan
  4. Coklat muda menunjukan daerah yang memiliki ketinggian antara 1.000 - 1.500 meter dengan bentuk muka bumi berupa pegunungan disertai dengan gunung-gunung rendah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya suatu tempat digambarkan dengan simbol warna.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved