RoboguruRoboguru
SD

Pada peristiwa replikasi DNA secara ... dua pita DNA saling memisahkan diri, kemudian setiap pita akan berfungsi sebagai cetakan untuk menyintesis DNA yang baru.

Pertanyaan

Pada peristiwa replikasi DNA secara ... dua pita DNA saling memisahkan diri, kemudian setiap pita akan berfungsi sebagai cetakan untuk menyintesis DNA yang baru.space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

model replikasi DNA dimana dua pita DNA saling memisahkan diri, kemudian setiap pita akan berfungsi sebagai cetakan untuk menyintesis DNA yang baru disebut sebagai model replikasi DNA secara semikonservatif.space space 

Pembahasan

DNA (Deoxyribonucleic Acid) merupakan biomolekul terpenting di dalam sel karena berperan sebagai pembawa informasi genetik yang memberi sifat pada suatu organisme. DNA tersusun atas nukleotida. Satu nukleotida tersusun atas tiga komponen, yaitu deoksiribosa, gugus fosfat, dan basa nitrogen. DNA berbentuk double helix. DNA dapat melakukan replikasi atau penggandaan diri. Hasil replikasi yaitu berupa utas DNA yang baru. Terdapat 3 kemungkinan cara replikasi DNA, yaitu konservatif, semikonservatif, dan dispersif.

  1. Konservatif, yaitu ketika dua utas DNA lama (DNA induk) tidak mengalami pemisahan. Namun, keduanya dapat membuat DNA double helix yang baru sehingga pada akhir replikasi akan terbentuk dua DNA double helix.
  2. Semikonservatif, yaitu ketika utas DNA induk akan saling memisah kemudian tiap utas akan berfungsi sebagai cetakan untuk menyintesis utas DNA yang baru. Pada akhir replikasi, setiap utas DNA baru (anakan) akan membawa utas DNA lama (induk).
  3. Dispersif, yaitu ketika utas DNA induk terputus-putus kemudian segmen DNA induk akan bergabung dengan segmen-segmen utas DNA yang baru. Pada akhir replikasi akan dihasilkan dua DNA double helix dimana masing-masing utas terdiri dari segmen utas DNA lama dan segmen utas DNA baru.

Dengan demikian, model replikasi DNA dimana dua pita DNA saling memisahkan diri, kemudian setiap pita akan berfungsi sebagai cetakan untuk menyintesis DNA yang baru disebut sebagai model replikasi DNA secara semikonservatif.space space 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa hipotesis semikonservatif pada replikasi DNA lebih diterima, sebelum dilakukan percobaan oleh Meselson-Stahl ?

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia