Roboguru

Pada percobaan gerak yang dilakukan sekelompok siswa di laboratorium dengan menggunakan troli yang dihubungkan dengan pita dan alat ticker timer diperoleh gambar ketukan sebagai berikut.   Grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t) yang sesuai dengan percobaan di atas adalah...

Pertanyaan

Pada percobaan gerak yang dilakukan sekelompok siswa di laboratorium dengan menggunakan troli yang dihubungkan dengan pita dan alat ticker timer diperoleh gambar ketukan sebagai berikut.

 

Grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t) yang sesuai dengan percobaan di atas adalah...space 

  1.  

  2.   

  3.  

  4.  

Pembahasan Soal:

Pola yang terbentuk pada hasil percobaan adalah pola Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat. Pada GLBB dipercepat, kecepatan benda bertambah seiring dengan bertambahnya waktu. 

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Dwi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik ticker timer berikut ini! Grafik hubungan antara kecepatan (v) terhadap waktu (t) yang menggambarkan gerak ticker timer yang benar ...

Pembahasan Soal:

Diketahui:

Pada gambar di atas nampak bahwa grafik ticker timer bergerak dari kanan ke kiri (ditarik oleh gaya F), semakin ke kiri jarak antar titik semakin besar yang berarti terjadi gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Grafik (v,t) gerak lurus berubah beraturan ditujukkan pada gambar A

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah Aspace 

0

Roboguru

Pada percobaan gerak benda dengan ticker timer diperoleh susunan potongan pita ketikan seperti pada gambar. Diagram yang menunjukkan benda bergeraklurus dengan besar percepatan tetap adalah ...

Pembahasan Soal:

Benda bergerak lurus dengan percepatan tetap berarti memiliki kelajuan yang bertambah secara seragam tiap saat. Dengan kecepatan yang bertambah setiap saat maka jarak yang ditempuh untuk tiap selang waktu yang sama selalu bertambah.

Dari kiri ke kanan
1. Untuk setiap ketikan, jarak semakin lebar (bergerak dengan percepatan tetap)
2. Untuk setiap ketikan, jarak sama (percepatan = 0, kecepatan tetap)
3. Untuk setiap ketikan, jarak semakin sempit (bergerak dengan perlambatan tetap)

Jadi, diagram yang menyatakan benda bergerak lurus dengan percepatan tetap adalah gambar pertama (paling kiri)space undefined  dan gambar ketiga (paling kanan)

0

Roboguru

Sepeda menuruni jalan memiliki kemiringan seperti gambar dari K ke N.   Bentuk grafik yang benar antara kecepatan (v) dengan waktu (t) ditunjukkan oleh gambar ….

Pembahasan Soal:

Gerakan sepeda yang bergerak turun pada jalan menurun merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat. Makin curam turunannya, makin besar perubahan kecepatannya. Sementara itu, gerakan sepeda menaiki tanjakan merupakan gerak lurus berubah beraturan diperlambat. Kecepatan benda makin lama makin berkurang.

Dengan demikian, grafik yang sesuai dengan gerak sepeda tersebut adalah grafik C.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Rina naik sepeda di jalan menurun sepanjang 50 m, tanpa dikayuh, sepeda meluncur dengan kecepatan 10 m/s sampai di jalan datar. Jika kecepatan awal di jalan mulai menurun 2 m/s, berapakah percepatan R...

Pembahasan Soal:

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang mempunyai percepatan tetap. Artinya, kecepatan gerakan si benda ini berubah (bisa bertambah cepat atau bertambah lambat), tetapi secara teratur. Percepatan pada GLBB bernilai positif jika mengalami pertambahan kecepatan, dan bernilai negatif jika mengalami pengurangan kecepatan. Rumus GLBB:

begin mathsize 14px style s equals v subscript 0 times t plus-or-minus 1 half a times t squared v subscript t equals v subscript 0 plus-or-minus a times t v subscript t squared equals v subscript 0 squared plus-or-minus 2 a times s end style 

Pada soal diketahui, s = 50 m, vt = 10 m/s, v0 = 2 m/s, maka:

begin mathsize 14px style v subscript t squared equals v subscript 0 squared plus 2 a times s 10 squared equals 2 squared plus 2 a open parentheses 50 close parentheses 100 equals 4 plus 100 a 96 equals 100 a a equals 96 over 100 equals 0 comma 96 space bevelled straight m over straight s squared end style 

Sepertinya ada kesalahan pada bagian ini sehingga tidak ada jawaban yang tepat.space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan!

Pembahasan Soal:

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan setiap saat tetap, sehingga percepatan benda bernilai nol. Contoh gerak lurus beraturan antara lain:
1) Kereta api dilintasan lurus
2) Gerak penerjun setelah membuka parasutnya.
3) Pesawat bergerak pada ketinggian tertentu.

Sedangkan, gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak pada lintasan dengan kecepatan berubah setiap saat, tetapi menghasilkan percepatan benda yang bernilai konstan/tetap. GLBB terdiri dari dua, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Contoh GLBB dipercepat misalnya benda jatuh dari ketinggian, gerakan sepeda dilintasan miring, dan pesawat sedang take off. Sementara contoh GLBB diperlambat misalnya batu dilempar ke atas, mobil menaiki tanjakan, dan mobil direm.

Jadi GLB memiliki kecepatan tetap dan percepatan nol, sedangkan GLBB memiliki kecepatan berubah tiap waktu dan percepatan tetap.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved