Roboguru

Pada penggalan teks editorial tersebut, kalimat pendapat tidak tampak pada nomor ...

Pertanyaan

Pada penggalan teks editorial tersebut, kalimat pendapat tidak tampak pada nomor ...space 

  1. 1space 

  2. 3space 

  3. 4space 

  4. 6space 

  5. 7space 

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Pada teks editorial terdapat kalimat berupa fakta dan opini mengenai isu yang sedang dibahas. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi, sedangkan opini adalah kalimat yang mengandung pendapat, pikiran, dan pendirian penulis. 

Kalimat nomor 4, yaitu Patut diapresiasi pula langkah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang berhasil menawarkan solusi konflik yang disebut formula 4+1 kepada konselor Myanmar Aung San Suu Kyi dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal U Ming Aung Hlaing pada Selasa (5/9) lalu. merupakan kalimat fakta karena berisi informasi yang benar-benar terjadi.

Kalimat tersebut membuktikan bahwa pada hari Selasa tanggal 5 September lalu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang berhasil menawarkan solusi konflik yang disebut formula 4+1 kepada konselor Myanmar Aung San Suu Kyi dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal U Ming Aung Hlaing. Maka, pada penggalan teks editorial tersebut, kalimat pendapat tidak tampak pada nomor 4.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan fakta yang disampaikan penulis!

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa informasi penting dalam teks editorial sebagai berikut.

  1. Isu merupakan masalah yang dijadikan topik pembahasan, Isu tersebut bersifat aktual, faktual, dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat
  2. Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  3. Opini atau pendapat berisi kalimat yang mengandung penilaian, pendapat, saran, atau kritik.
  4. Alternatif solusi merupakan pandangan penulis berkaitan dengan alternatif lain yang dijadikan pemecahan masalah atas masalah yang sedang dibahas.
  5. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap masalah yang sedang dibahas. Apakah penulis mendukung isu atau menentang isu yang sedang dibahas.

Berikut adalah contoh fakta yang terdapat pada teks tersebut.

  1. Sejumlah desa di Pulau Adonara diterjang banjir bandang yang menyapu rata puluhan rumah bersama penghuninya pada Minggu (4/4) sekitar pukul 01 .30 waktu setempat.
  2. BNPB telah mengirim lima ekskavator untuk membantu pencarian korban dan empat dumptruck guna mengangkut bahan makanan meskipun diterpa gelombang laut tinggi dan kondisi Adonara yang terisolasi.
  3. Jadi, total 119 orang meninggal dunia.


Dengan demikian, fakta merupakan suatu hal yang benar-benar terjadi, salah satu contohnya adalah pada kalimat Jadi, total 119 orang meninggal dunia.space space space 

0

Roboguru

Perhatikan teks tajuk rencana berikut!       Intensitas hujan di beberapa wilayah Indonesia diperkirakan masih tinggi bulan ini, termasuk di wilayah pulau Jawa. Beberapa daerah kini memasuki musim hu...

Pembahasan Soal:

Fakta adalah perihal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan dan sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta merupakan cerminan tentang keadaan atau peristiwa. Oleh karena itu, fakta tidak dapat dibantah. Fakta dapat dilihat, didengar, atau diketahui oleh banyak pihak. Namun, fakta bisa saja berubah jika ditemukan fakta baru yang lebih jelas dan akurat. Fakta yang disajikan dalam teks editorial berupa peristiwa dan data terkait dengan peristiwa yang dibahas.  

Fakta dalam teks di atas adalah "Badan nasional penanggulangan bencana dalam kurung BNPB memetakan ada 169 titik banjir yang terjadi di Jawa Barat, DKI dan Banten."

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan C. undefined 

 

0

Roboguru

Opini dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata -kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas.

Opini dalam teks tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Kalimat tersebut dikatakan fakta karena menggunakan kata 'akan' yang menunjukkan sesuatu yang belum terjadi dan hanya berupa pendapat subjektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan fakta- fakta yang terjadi yang diuraikan pada editorial/ tajuk rencana di atas!

Pembahasan Soal:

Fakta merupakan kejadian yang nyata, sungguh-sungguh terjadi, dan diketahui oleh semua orang.

Fakta dalam teks tersebut terdapat dalam kutipan:

  1. Pemerintah menjanjikan vaksin pada November 2020.
     
  2. Penelitian dan percobaan vaksin masih terus berjalan, dan belum dapat dipastikan pengaplikasiannya ke manusia.
     
  3. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini belum menganjurkan pemberian vaksin karena memang penelitian terhadap vaksin belum juga usai.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan Paragraf berikut!   1) Pada tahun 2015, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghaluskan 2,5 juta hektare lahan. Kemudian, tahun 2017 kebakaran hutan berhasil berkurang. Namun, pada tahun...

Pembahasan Soal:

Opini adalah pernyataan yang subjektif yang berasal dari sikap seseorang atau interpretasi fakta yang didapatkan. Opini, pendapat, atau tanggapan redaksi digunakan untuk menguatkan pandangan atau sikapnya terhadap suatu peristiwa dan masalah yang dibahas. Pendapat atau opini redaksi dalam teks editorial dapat berupa penilaian, kritik, prediksi (dugaan berdasarkan fakta empiris), harapan, dan saran penyelesaian masalah.  

Opini dalam paragraf tersebut terdapat pada angka 3) yaitu "luas lahan yang terbakar masih bisa bertambah pada tahun 2020 ini jika tidak ada tindakan drastis mencegahnya"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah jawaban C. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved