Roboguru

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat yang strukturnya salah. Tulis dan perbaikilah menjadi kalimat yang benar!

Pertanyaan

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat yang strukturnya salah. Tulis dan perbaikilah menjadi kalimat yang benar!undefined 

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca dengan jelas dan tepat sasaran. Suatu kalimat dapat disebut efektif jika memiliki kesepadanan struktur, kehematan kata, kesejajaran bentuk, ketegasan makna, kelogisan makna, dan kesesuaian ejaan.

Struktur kalimat yang benar adalah:

Subjek + Predikat + Objek (jika verbanya transitif) + Keterangan (opsional, keterangan bisa diletakkan setelah objek atau sebelum subjek.).

Maka:

Ayah di teras belakang sambil minum kopi membaca koran. Hingga ruang tamu bau kopi tercium. Dari paman kopi tersebut oleh-oleh. Asli Lampung kopi tersebut.

Paragraf tersebut tidak efektif karena strukturnya salah sehingga akan sulit dipahami pembaca.

Dengan demikian, perbaikan paragraf tersebut adalah:

Ayah membaca koran sambil minum kopi di teras belakang. Bau kopi tercium hingga ruang tamu. Kopi asli Lampung tersebut, oleh-oleh dari paman.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat tersebut juga merupakan ciri kebahasaan teks cerpen, yaitu contoh ....

Pembahasan Soal:

Naratif merupakan teks yang berfokus pada tokoh khusus. Naratif dapat berupa karya imajiner, faktual, atau kombinasi keduanya. Salah satu jenis teks naratif adalah cerpen. Cerita pendek (cerpen) mengangkat persoalan kehidupan manusia secara khusus. Ciri kebahasaan teks naratif meliputi sudut pandang pencerita, beberapa dialog yang menunjukkan waktu kini atau lampau, kata benda khusus, uraian deskriptif yang rinci, dan penggunaan majas. Kalimat di atas menggambarkan ciri fisik seseorang yang diceritakan dalam teks cerpen tersebut dan termasuk ciri kebahasaan teks cerpen berupa uraian deskriptif yang rinci.

Dengan demikian, kalimat tersebut merupakan ciri kebahasaan teks cerpen, yaitu uraian deskriptif yang rinci.space 

Roboguru

Pulang ke rumah ia menatap keliling, "Mana anak baru itu?" dalam hati Bu Diba .... Setelah bertemu Mbok Warsiyah yang setia menjadi orang sibuk membantu Bu Diba mengurus rumah dan .... yang diasuh Bu ...

Pembahasan Soal:

Dalam paragraf tersebut, yang bertanya “Mana anak baru itu?” adalah Bu Diba. Oleh karena itu, bertanya-tanya merupakan penjelas yang cocok. Sementara itu diksi diasuh lebih cocok untuk disandingkan dengan anak-anak.

Roboguru

Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumya berupa kantong plastik dan botol plastik bekas...

Pembahasan Soal:

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (A) Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung. Kalimat tersebut merupakan kalmat yang tepat untuk menutup paragraf tersebut karena penulis menjelaskan dalam kalimat-kalimat sebelumnya bahwa kali di dekat tempat tinggalnya itu penuh sampah dan botol plastik bekas. Dari sampah-sampah tersebut, muncul bau busuk yang bisa menyengat hidung. Pilihan jawaban A tepat karena kalimatnya menggambarkan bau yang menyengat.

Roboguru

Identifikasi kaidah kebahasaan tentang kalimat tunggal (kalimat simpleks) dan kalimat majemuk (kalimat kompleks) dalam kutipan teks cerpen tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat tunggal atau simpleks adalah kalimat sederhana (hanya terdiri dari satu klausa) dapat berisi subjek dan predikat saja atau cukup ditambah satu objek atau satu keterangan.
Kalimat majemuk atau kompleks adalah kalimat yang memiliki pola lengkap atau ada tambahan konjungsi di dalamnya (lebih dari satu klausa).

Rambutnya masih basah. ==> kalimat tunggal
Rambutnya sebagai subjek
masih basah sebagai predikat

Ia membuka lemarinya, lalu diambilnya beberapa helai pakaian, dan jilbab. ==> kalimat majemuk
Ia membuka lemarinya (klausa utama)
Ia sebagai subjek
membuka sebagai predikat
lemarinya sebagai objek
lalu sebagai konjungsi antarklausa (kata hubung)
diambilnya beberapa helai pakaian, dan jilbab (klausa terikat)
 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik dan botol plastik beka...

Pembahasan Soal:

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (A) Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung. Kalimat tersebut merupakan kalmat yang tepat untuk menutup paragraf tersebut karena penulis menjelaskan dalam kalimat-kalimat sebelumnya bahwa kali di dekat tempat tinggalnya itu penuh sampah dan botol plastik bekas. Dari sampah-sampah tersebut, muncul bau busuk yang bisa menyengat hidung. Pilihan jawaban (A) tepat karena kalimatnya menggambarkan bau yang menyengat.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved