Roboguru

Pada masa Reformasi arah kebijakan yang semula bersifat sentralisasi menjadi desentralisasi. Bukti yang mendasari pernyataan tersebut adalah.

Pertanyaan

Pada masa Reformasi arah kebijakan yang semula bersifat sentralisasi menjadi desentralisasi. Bukti yang mendasari pernyataan tersebut adalah.

  1. Penerapan Otonomi Daerah.

  2. Penghapusan Dw Fungsi ABRI.

  3. Penyelenggaraan Sidang Istimewa.

     

  4. Pelaksanaan Pemilihan Presiden.

Pembahasan Soal:

Secara etimologis, istilah desentralisasi berasal dari Bahasa Belanda, yaitu "de" yang berarti lepas, dan "centerum" yang berarti pusat. Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang pokok pemerintahan di Daerah, desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah atau daerah tingkat atasanya kepada daerah menjadi urusan rumah tangganya. Dalam sistem desentralisasi, pemerintah pusat memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pembangunan. Meski memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah, pemerintah pusat tetap memantau.
Pada sistem desentralisasis lebih mengedepankan koordinasi daripada komando. Bentuk penerapan mengenai sistem desentralisasi itu adalah otonomi daerah. Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga kewenangan dan tanggung jawab menjadi milik daerah itu sendiri. Baik dari kebijakan, perencanaan, dan pendanaan.

Dengan demikian, desentralisasi adalah pemberian hak dari pemerintah pusat kepada daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusannya

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

dampak dikeluarkannya undang-undang desentralisasi terhadap kehidupan sosial politik masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangannya, dua tahun setelah keluarnya undang-undang desentralisasi muncul golongan terpelajar yang menyadari keterpurukan Indonesia akibat penjajahan Belanda, lalu akhirnya memperjuangkan kesejahteraan bangsanya melalui organisasi pergerakan nasional. Mereka diantaranya adalah Boedi Oetomo yang didirikan tanggal 20 Mei 1908 dan Sarekat Dagang Islam yang kemudian berubah menjadi Sarekat Islam pada tanggal 10 September 1912. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Praktik demokrasi pertama kali berlangsung di Indonesia ditandai dengan .…

Pembahasan Soal:

Praktik demokrasi muncul di Indonesia sebagai respon atas desakan dari kelompok liberal di Belanda yang mengusulkan keterlibatan orang-orang Indonesia dalam dewan-dewan pemerintahan lokal di Hindia Belanda. Maka dari itu, pemerintah Belanda akhirnya mengeluarkan peraturan Decentralisatie van het bestuur in Nederlandsch-Indië atau yang kemudian dikenal sebagai undang-undang desentralisasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Demokrasi mulai diadopsi dan menjadi salah satu sistem pemerintahan yang meluas di Indonesia sejak tahun ....

Pembahasan Soal:

Konsep demokrasi atau pemerintahan rakyat mulai meluas di Indonesia sejak abad ke-20, tepatnya sejak tahun 1903. Pada saat itu golongan liberal di Belanda mendesak pemerintah agar melibatkan orag Indonesia dalam dewan pemerintahan lokal di Hindia Belanda (Indonesia). Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Demokrasi dipahami sebagai suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat merupakan definisi demokrasi menurut .…

Pembahasan Soal:

Menurut Abraham Lincoln, demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, dengan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pemerintahan yang mendasarkan pada mekanisme pengambilan keputusan berdasarkan hasil suara terbanyak. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Bagaimanakah ciri nasionalisme pada masa Reformasi?

Pembahasan Soal:

Era reformasi atau era pasca-Suharto di Indonesia dimulai pada tahun 1998, tepatnya saat Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 dan digantikan oleh wakil presiden saat itu, B.J. Habibie. Terjadi perubahan yang cukup signifikan pada bidang sosial dan politik. Pada masa ini semangat nasionalisme atau sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan dan sikap, serta kesamaan cita-cita, dan tujuan tercermin dalam demokrasi yang dianut yakni "Demokrasi Pancasila", hal ini dicirikan dengan:

  • adanya partai politik yang independen, tidak dipengaruhi kekuasaan birokrat militer dan mempunyai dukungan luas dari masyarakat,
  • adanya konsensus atau persetujuan umum mengenai aturan main politik menyangkut pengambilan keputusan dan nilai-nilai ekonomi, sosial dan budaya,
  • adanya pemberdayaan masyarakat sipil melalui penyampaian informasi secara transparan sehingga bisa mengambil sikap terhadap permasalahan politik negara,
  • adanya penguatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat sehingga dapat melaksanakan fungsi kontrol dengan baik,
  • pemilihan umum secara langsung untuk memilih kepala pemerintahan.

Dengan demikian, ciri nasionalisme pada masa reformasi tercermin dalam Demokrasi Pancasila yang dianut, yakni adanya partai politik, konsensus, pemberdayaan masyarakat sipil, penguatan lembaga perwakilan rakyat, dan pemilihan umum.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved