Roboguru

Pada masa pubertas, hormon pertumbuhan dan  hormon ... mulai diproduksi oleh tubuh.

Pertanyaan

Pada masa pubertas, hormon pertumbuhan dan  hormon ... mulai diproduksi oleh tubuh.space 

  1. reproduksi space 

  2. insulinspace 

  3. tirold space 

  4. pencernaanspace 

Pembahasan Soal:

Masa pubertas merupakan masa ketika manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas dialami oleh para remaja umumnya terjadi pada usia 10-20 tahun. Saat masa pubertas, terjadi banyak perubahan bentuk fisik pada diri mereka. Selain itu, terjadi peningkatan produksi hormon, baik hormon reproduksi maupun hormon pertumbuhan. Hal ini menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan keringat. Akibatnya timbul jerawat dan bau tidak sedap pada tubuh.Hal ini juga terjadi pada seseorang yang sering beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana gejala primer yang dialami remaja saat memasuki masa pubertas?

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa saat manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas pada setiap orang tidak sama. Umumnya manusia akan mengalami masa pubertas pada  rentang usia 10-20 tahun. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang pada  masa pubertas dinamakan gejala pubertas. Gejala pubertas pada  laki-laki berbeda dengan gejala pubertas pada perempuan. Gejala pubertas dibagi menjadi 2 yaitu gejala primer dan gejala sekunder. Gejala primer adalah perubahan yang menentukan sudah mulai berfungsi optimalnya organ reproduksi pada manusia. Pada wanita ditandai dengan mengalami menstruasi/haid. Sedangkan pada laki-laki mengalami mimpi basah. Sedangkan gejala sekunder adalah perubahan yang teradi pada tubuh seseorang.

Jadi, gejala primer pada wanita ditandai dengan mengalami menstruasi/haid. Sedangkan pada laki-laki mengalami mimpi basah.space 

Roboguru

Apa saja persiapan yang tepat untuk menghadapi masa pubertas?

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa saat manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Umumnya manusia akan mengalami masa pubertas pada rentang usia 10-20 tahun. Masa pubertas ditandai dengan perubahan fisik, psikologis, dan biologis. Berikut beberapa  hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas:

  1. Bersikap tenang dan percaya diri.
  2. Bersikap jujur,dan terbuka kepada orang yang kamu percayai.
  3. Mnecari tahu tentang ilmu yang membahas gejala pubertas.
  4. Selalu menjaga kebersihan seluruh tubuh dan organ reproduksi.
  5. Makan makanan bergizi.space 
Roboguru

Berikut ini yang bukan termasuk persiapan yang dapat dilakukan untuk menghadapi masa pubertas adalah....

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa ketika manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Manusia akan mengalami perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas. Perubahan primer adalah perubahan yang terjadi di dalarn tubuh manusia. Sedangkan perubahan sekunder adalah perubahan fisik yang tampak pada tubuh. Titik puncak pertumbuhan manusia terjadi pada masa pubertas. Berikut cara menyikapi gejala pubertas.

  1. Dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Berdiskusi dengan orang tua saat mengalami gejala pubertas.
  3. Membaca buku yang membahas tentang gejala pubertas.
  4. Jagalah kebersihan organ reproduksi.
  5. Tidur secara terpisah dari orang tua dan saudara.
  6. Makan makanan bergizi.

Berikut beberapa  hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas yaitu bersikap tenang dan percaya diri, bersikap jujur, terbuka kepada orang yang kamu percayai, dan selalu menjaga kebersihan seluruh tubuh serta organ reproduksi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepata adalah C.space 

Roboguru

Perubahan fisik primer dan sekunder terjadi pada masa....

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa saat manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas pada setiap orang tidak sama. Umumnya manusia akan mengalami masa pubertas pada saat remaja. Pada perempuan pubertas terjadi pada rentang usia 10-14 tahun dan pada laki-laki, pubertas terjadi pada kisaran usia 12-16 tahun. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang pada masa pubertas dinamakan gejala pubertas. Gejala pubertas pada  laki-laki berbeda dengan gejala pubertas pada perempuan. Gejala pubertas dibagi menjadi 2 yaitu gejala primer dan gejala sekunder. Gejala primer adalah perubahan yang menentukan sudah mulai berfungsi optimalnya organ reproduksi pada manusia. Pada wanita ditandai dengan mengalami menstruasi/haid. Sedangkan pada laki-laki mengalami mimpi basah. Sedangkan gejala sekunder adalah perubahan yang teradi pada tubuh seseorang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Perubahan fisik lakl-laki dan perempuan terjadi pada masa....

Pembahasan Soal:

Manusia mengalami tahap-tahap pertumbahan dan perkembangan. Tahap-­tahap pertumbuhan dan perkembangan dimulai dari bayi, balita, kanak-kanak, remaja/pubertas, dewasa,  dan lanjut usia. Masa remaja merupakan peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada awal masa remaja, terjadi perubahan-­perubahan fisik yang mencolok karena mulai diproduksinya hormon perturnbuhan dan reproduksi. Perubahan fisik pada laki-laki seperti suara lebih berat, tumbuh kumis, tumbuh jakun, dada bertambah bidang dan tumbuh rambut-rambut di area tertentu. Sedangkan pada perempuan terjadi perubahan fisik berupa berkembangnya payudara, suara menjadi lebih nyaring, pinggul membesar dan tumbuh rambut-rambut di area tertentu.

Jadi, perubahan fisik lakl-laki dan perempuan terjadi pada masa remaja/pubertas.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved