Roboguru

Pada masa Priode ill. Masa Proklamasi dan Perang Kemerdekaan pejuangan bangsa Indonesia dilakukan dengan mengangkat senjata, berjuang dalam bidang politik dan melakukan diplomasi. Coba berikan masing-masing satu contoh bentuk perjuangan bangsa Indonesia dengan melakukan hubungan diplomasi, beserta latar belakang terjadi Peristiwa itu.

Pertanyaan

Pada masa Priode ill. Masa Proklamasi dan Perang Kemerdekaan pejuangan bangsa Indonesia dilakukan dengan mengangkat senjata, berjuang dalam bidang politik dan melakukan diplomasi. Coba berikan masing-masing satu contoh bentuk perjuangan bangsa Indonesia dengan melakukan hubungan diplomasi, beserta latar belakang terjadi Peristiwa itu.

Pembahasan Soal:

Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan menghadapi ancaman Belanda. Pertama ialah perjuangan bersenjata. Perjuangan ini terjadi setelah proklamasi kemerdekaan. Belanda dan sekutunya masih tidak mau menerima bahwa Indonesia telah merdeka. Kedua ialah perjuangan melalui diplomasi. perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. 

Salah satu perjuangan melalui diplomasi adalah Perundingan Linggarjati. Perundingan ini dilaksanakan di Linggarjati, Kuningan Jawa Barat yang melibatkan pihak Indonesia dan Belanda atau NICA. dalam perundingan ini Britania Raya menjadi pihak yang menengahi antara Indonesia dan Belanda (NICA). Latar belakang terjadinya Perjanjian Linggarjati ini disebabkan oleh Masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia karena Jepang menetapkan 'status quo' di Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda. Dalam masalah ini, pemerintah Inggris menjadi penanggungjawab untuk menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia, sehingga dalam perundingan ini Britania Raya berperan sebagai pihak penengah.

Konflik antara Indonesia dan Belanda ini disebabkan karena gagalnya perundingan yang diadakan di Hoge Veluwe pada tanggal 14-15 April 1946. Perundingan ini gagal dilaksanakan karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatannya atas Jawa, Sumatra dan Madura, tetapi Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja. Hasil perundingan Linggarjati yang cukup alot tersebut menghasilkan 17 pasal yang antara lain berisi:

  1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
  2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
  3. Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
  4. Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala uni.

Dengan demikian, contoh bentuk perjuangan bangsa Indonesia dengan melakukan hubungan diplomasi adalah Perundingan Linggarjati. Perundingan ini terjadi dilatarbelakangi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia karena Jepang menetapkan 'status quo' di Indonesia sehingga menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved