Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada masa Pergerakan Nasional berlangsung hal yang ingin dicapai Bangsa Indonesia adalah ....

Pada masa Pergerakan Nasional berlangsung hal yang ingin dicapai Bangsa Indonesia adalah .... space space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada masa pergerakan nasional tujuan bangsa Indonesia adalahmeningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda.

pada masa pergerakan nasional tujuan bangsa Indonesia adalah meningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda. 

Iklan

Pembahasan

Periode pergerakan nasional ditandai dengan berdirinya sejumlah organisasi-organisasi pergerak yang memiliki landasan idiologi dan tujuan yang berbeda satu sama lain. Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang berdiri pada tahun 1908 dan mempunyai tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Jawa. Perhimpunan Indonesia didirikan pada tahun 1908 oleh sekumpulan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Belanda dan memiliki tujuan Indonesia Merdeka. Sarekat Dagang Islam yang selanjutnya berubah menjadi Sarekat Islam didirikan pada tahun 1911 dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan para pedagang Islam. Indische Partij didirikan pada tahun 1912 oleh tiga serangkai dengan tujuan mempersatukan semua Indiers . Partai Nasional Indonesia didirikan pada tahun 1927 dengan tujuan yang sama dengan PI, yakni Indonesia merdeka. Parindra didirikan pada tahun 1935 dan mempunyai sejumlah program yang bertujuan untuk memajukan kehidupan kaum tani. Meskipun memiliki fokus gerakan dan tujuan yang berbeda, ada satu kesamaan dalam tujuan sejumlah organisasi pergerakan, yakni meningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda. Dengan demikian, pada masa pergerakan nasional tujuan bangsa Indonesia adalahmeningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda.

Periode pergerakan nasional ditandai dengan berdirinya sejumlah organisasi-organisasi pergerak yang memiliki landasan idiologi dan tujuan yang berbeda satu sama lain. Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang berdiri pada tahun 1908 dan mempunyai tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Jawa. Perhimpunan Indonesia didirikan pada tahun 1908 oleh sekumpulan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Belanda dan memiliki tujuan Indonesia Merdeka. Sarekat Dagang Islam yang selanjutnya berubah menjadi Sarekat Islam didirikan pada tahun 1911 dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan para pedagang Islam. Indische Partij didirikan pada tahun 1912 oleh tiga serangkai dengan tujuan mempersatukan semua Indiers. Partai Nasional Indonesia didirikan pada tahun 1927 dengan tujuan yang sama dengan PI, yakni Indonesia merdeka. Parindra didirikan pada tahun 1935 dan mempunyai sejumlah program yang bertujuan untuk memajukan kehidupan kaum tani. Meskipun memiliki fokus gerakan dan tujuan yang berbeda, ada satu kesamaan dalam tujuan sejumlah organisasi pergerakan, yakni meningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda. 

Dengan demikian, pada masa pergerakan nasional tujuan bangsa Indonesia adalah meningkatkan kehidupan masyarakat pribumi serta menentang penindasan yang dilakukan oleh Belanda. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan keterangan berikut! Mencapai Jawa Raya dengan cara memperkukuh rasa persatuan antara pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali, dan Lombok. Mempererat hubungan antara murid-murid bumiputra ...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia