Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) beberapa Partai Politik (Parpol) mengusung Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernurnya (Cawagub) masing-masing. Bahkan ada beberapa Parpol yang identitas dan ideologinya sangat berbeda dan memiliki rekam jejak yang kurang harmonis antar kader/anggotanya tetap berkoalisi untuk mengusung Cagub dan Cawagub yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan dukungan yang banyak dari beberapa Parpol. Apabila kondisi koalisi seperti ini terus-menerus berlangsung, dampak yang akan terjadi pada bidang perpolitikan bangsa adalah ….

Pada masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) beberapa Partai Politik (Parpol) mengusung Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernurnya (Cawagub) masing-masing. Bahkan ada beberapa Parpol yang identitas dan ideologinya sangat berbeda dan memiliki rekam jejak yang kurang harmonis antar kader/anggotanya tetap berkoalisi untuk mengusung Cagub dan Cawagub yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan dukungan yang banyak dari beberapa Parpol. Apabila kondisi koalisi seperti ini terus-menerus berlangsung, dampak yang akan terjadi pada bidang perpolitikan bangsa adalah ….undefined 

  1. semakin tingginya partisipasispace politik setiap warga negaraundefined 

  2. memunculkan sikap yang patriotik terhadap kepentingan bangsaundefined 

  3. lahirnya pemimpin yang memiliki sikap mengayomi semua masyarakatundefined 

  4. kualitas koalisi yang rendah rawan mengalami disorganisasiundefined 

  5. meningkatkan elektabilitas dan kepercayaan dari masyarakat umum kepada partai politikundefined 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kerja sama yang dilakukan oleh Parpol dalam Pilkada merupakan salah satu bentuk koalisi. Koalisi merupakan gabungan antara dua kelompok atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama. Pada hakikatnya, koalisi yang terjadi antarparpol didasari atas dasar kesamaan ideologi, visi, dan misi dari setiap Parpol. Namun, pada kasus di atas koalisi yang terjadi justru terkesan hanya untuk mendapatkan dukungan yang banyak dari banyak Parpol. Kondisi koalisi seperti ini akan berdampak pada kualitas koalisi yang rendah sehingga keterpaduan antarparpol kurang solid dan rawan terjadinya disorganisasi. Sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja pasangan pemimpin yang terpilih. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Kerja sama yang dilakukan oleh Parpol dalam Pilkada merupakan salah satu bentuk koalisi. Koalisi merupakan gabungan antara dua kelompok atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama. Pada hakikatnya, koalisi yang terjadi antarparpol didasari atas dasar kesamaan ideologi, visi, dan misi dari setiap Parpol. Namun, pada kasus di atas koalisi yang terjadi justru terkesan hanya untuk mendapatkan dukungan yang banyak dari banyak Parpol. Kondisi koalisi seperti ini akan berdampak pada kualitas koalisi yang rendah sehingga keterpaduan antarparpol kurang solid dan rawan terjadinya disorganisasi. Sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja pasangan pemimpin yang terpilih.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kerja sama untuk memenangkan calon presiden dan wakil presiden dalam pemilihan umum termasuk bentuk interaksi sosial ...

305

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia