Pertanyaan

Pada kasus donor ginjal, dapatkah pendonor hidup dengan satu ginjal saja?

Pada kasus donor ginjal, dapatkah pendonor hidup dengan satu ginjal saja?

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Seorang pendonor bisa hidup dengan satu ginjal saja. Pemilik ginjal tunggal bisa menjalani kehidupan normal seperti mereka yang memiliki ginjal lengkap. Tetapi, beberapa orang lebih rentan mengalami penyakit ginjal sepanjang hidupnya. Pada kondisi ketika seseorang memiliki ginjal tunggal karena cacat bawaan atau harus kehilangan salah satu ginjal karena pengangkatan, besar kemungkinan terjadi hilangnya fungsi ginjal di masa mendatang, kira-kira ketika menginjak usia 25 tahun ke atas. Meski begitu, hilangnya fungsi ginjal ini masih terbilang ringan. Selain itu, besar kemungkinan juga terjadi hipertensi untuk orang-orang yang hidup dengan satu ginjal. Tetapi, orang-orang ini bisa hidup sehat dan berkualitas seperti pemilik sepasang ginjal yang mampu bekerja dengan normal.

Seorang pendonor bisa hidup dengan satu ginjal saja. Pemilik ginjal tunggal bisa menjalani kehidupan normal seperti mereka yang memiliki ginjal lengkap. Tetapi, beberapa orang lebih rentan mengalami penyakit ginjal sepanjang hidupnya.

Pada kondisi ketika seseorang memiliki ginjal tunggal karena cacat bawaan atau harus kehilangan salah satu ginjal karena pengangkatan, besar kemungkinan terjadi hilangnya fungsi ginjal di masa mendatang, kira-kira ketika menginjak usia 25 tahun ke atas. Meski begitu, hilangnya fungsi ginjal ini masih terbilang ringan.

Selain itu, besar kemungkinan juga terjadi hipertensi untuk orang-orang yang hidup dengan satu ginjal. Tetapi, orang-orang ini bisa hidup sehat dan berkualitas seperti pemilik sepasang ginjal yang mampu bekerja dengan normal.

1rb+

5.0 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah yang dapat dilakukan jika terjadi gagal ginjal?

5

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia