Roboguru
SD

Pada hari kedua, pertemuan diadakan di gedung Oost Java Bioscoop yang ada di Koningsplein Noord tepat pukul 08.00 WIB. Pengunjung temyata tetap banyak. Bahkan, sepengamatan Supratman tak hanya pemuda, tapi juga beberapa orang tua dan pemudi.     Hari ini yang akan diangkat adalah permasalahan pendidikan. Sayangnya, pembicara Ki Hadjar Dewantara dan Jokosarwono berhalangan hadir. Untungnya pembicara lainnya, Ny. Purnomowulan dan Sarmidi Mangunsarkoro, cukup bisa menggantikan mereka.     Kedua pembicara mengangkat topik yang hampir sama. Keduanya sepakat bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan, harus pula memiliki keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di rumah. Satu lagi, anak juga harus dididik secara demokratis. Dikutip dari: Yudhi Herwibowo, Sang Penggesek Bioia Sebuah Roman Wage Rudolf Supratman, Tangerang Selatan, 2018 Latar yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

     Pada hari kedua, pertemuan diadakan di gedung Oost Java Bioscoop yang ada di Koningsplein Noord tepat pukul 08.00 WIB. Pengunjung temyata tetap banyak. Bahkan, sepengamatan Supratman tak hanya pemuda, tapi juga beberapa orang tua dan pemudi.
    Hari ini yang akan diangkat adalah permasalahan pendidikan. Sayangnya, pembicara Ki Hadjar Dewantara dan Jokosarwono berhalangan hadir. Untungnya pembicara lainnya, Ny. Purnomowulan dan Sarmidi Mangunsarkoro, cukup bisa menggantikan mereka.
    Kedua pembicara mengangkat topik yang hampir sama. Keduanya sepakat bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan, harus pula memiliki keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di rumah. Satu lagi, anak juga harus dididik secara demokratis.

Dikutip dari: Yudhi Herwibowo, Sang Penggesek Bioia Sebuah Roman Wage Rudolf Supratman, Tangerang Selatan, 2018


Latar yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....undefined 

  1. pagi hari, di gedung Oost Java Bioscoop, suasana kecewaundefined 

  2. pagi hari, di gedung Oost Java Bioscoop, suasana tegangundefined 

  3. pagi hari, di gedung Oost Java Bioscoop, suasana haruundefined 

  4. malam hari, di gedung Oost Java Bioscoop, suasana heningundefined 

  5. malam hari, di gedung Oost Java Bioscoop, suasana ramaiundefined 

A. Tyas

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Pembahasan 

Kunciny terdapat pada paragraf kesatu " Pada hari kedua, pertemuan diadakan di gedung Oost Java Bioscoop yang ada di Koningsplein Noord tepat pukul 08.00 WIB" dan parafraf kedua "Sayangnya, pembicara Ki Hadjar Dewantara dan Jokosarwono berhalangan hadir." sehingga latar pada kutipan novel tersebut adalah pagi hari, di gedung Oost Java Bioscoop, (karena dimulai pkl 08.00) suasana kecewa (karena Ki Hadjar Dewantara dan Jokosarwono berhalangan hadir)

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Latar tempat cerita tersebut adalah ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia