Roboguru

Pada bulan Januari 1966, terjadi aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan masyarakat yang menuntut pembubaran PKI sebagai dampak terjadinya G30S/PKI pada bulan September 1965. Aksi yang menelan k

Pada bulan Januari 1966, terjadi aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan masyarakat yang menuntut pembubaran PKI sebagai dampak terjadinya G30S/PKI pada bulan September 1965. Aksi yang menelan korban jiwa dari pelajar dan mahasiswa di Jakarta dan Yogyakarta tersebut, menimbulkan tekanan yang berat bagi pemerintah saat itu yang segera mengambil sikap antara lain….

  1. menangkap seluruh anggota dan simpatisan PKI yang ada.

  2. melakukan perombakan terhadap susunan Kabinet Dwikora.

  3. menurunkan harga bahan pokok melalui operasi pasar.

  4. mengadakan sidang istimewa MPRS menurunkan presiden.

  5. menugaskan Pangkopkamtib saat itu untuk mengamankan negara.

Jawaban:

Permasalahan Kabinet Dwikora mengemuka sejak terjadinya peristiwa G30S/PKI. Sejak Dekrit Presiden 1959 dikeluarkan, kekuasaan Soekarno tidak pernah diragukan. Namun, kondisi ini berbalik setelah terjadi peristiwa G30S/PKI yang membangkitkan amarah dan sikap anti-komunis di kalangan mahasiswa. Pada Oktober 1965, pemuda sudah meneriakan tuntutan pembubaran PKI di jalan-jalan. Pada bulan yang sama, aksi penculikan dan pembunuhan terduga PKI mulai menyebar ke berbagai daerah. Akibatnya Soekarno mulai kesusahan mempertahankan ideologinya. Mau tidak mau Soekarno harus mendekatkan diri kepada kekuatan militer yang semakin dominan. Dalam suasana genting, pada Februari 1966 Soekarno melakukan usaha terakhir untuk menyelamatkan Demokrasi Terpimpin dengan jalan melakukan reshuffle kabinet. Pada 12 Februari 1966, secara resmi Soekarno mengumumkan susunan kabinet Dwikora II yang merupakan penyempurna Kabinet Dwikora I. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved