Pertanyaan

Pada awalnya reaksi redoks dikaitkan dengan oksigen, kemudian dengan pelepasan-pengikatan elektron dan perubahan bilangan oksidasi. Apakah alasan mengaitkan reaksi redoks dengan: pelepasan-pengikatan elektron? perubahan bilangan oskidasi?

Pada awalnya reaksi redoks dikaitkan dengan oksigen, kemudian dengan pelepasan-pengikatan elektron dan perubahan bilangan oksidasi. Apakah alasan mengaitkan reaksi redoks dengan:

  1. pelepasan-pengikatan elektron?
  2. perubahan bilangan oskidasi?

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Alasan mengaitkan reaksi redoksdengan pelepasan-pengikatan elektron serta perubahan bilangan oksidasi adalah karena konsep reaksi redoks berdasarkan pengikatan atau pelepasan oksigen kurang universal atau kurang luas, reaksi kimia tidak hanya melibatkan oksigen saja atau transfer elektron saja. Dikaitkan dengan pelepasan dan pengikatan elektron karena reaksi kimia tidak terbatas pada reaksi pengikatan dan pelepasan oksigen saja. Berdasarkan konsep ini, dapat ditunjukkan bahwa peristiwa reaksi oksidasi dan reduksi berlangsung secara bersamaan. Reaksi transfer elektron terjadi pada senyawa-senyawa yang berikatan ion. Sedangkan untuk senyawa kovalen yang proses pembentukannya tidak disertai dengan perpindahan elektron tidak cukup dijelaskan dengan konsep redoks berkaitan dengan oksigen dan perpindahan elektron. Oleh karena itu, digunakan konsep redoks berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang lebih universal dan lebih mudah untuk menjelaskan reaksi redoks.

Alasan mengaitkan reaksi redoks dengan pelepasan-pengikatan elektron serta perubahan bilangan oksidasi adalah karena konsep reaksi redoks berdasarkan pengikatan atau pelepasan oksigen kurang universal atau kurang luas, reaksi kimia tidak hanya melibatkan oksigen saja atau transfer elektron saja.

  1. Dikaitkan dengan pelepasan dan pengikatan elektron karena reaksi kimia tidak terbatas pada reaksi pengikatan dan pelepasan oksigen saja. Berdasarkan konsep ini, dapat ditunjukkan bahwa peristiwa reaksi oksidasi dan reduksi berlangsung secara bersamaan. Reaksi transfer elektron terjadi pada senyawa-senyawa yang berikatan ion.
  2. Sedangkan untuk senyawa kovalen yang proses pembentukannya tidak disertai dengan perpindahan elektron tidak cukup dijelaskan dengan konsep redoks berkaitan dengan oksigen dan perpindahan elektron. Oleh karena itu, digunakan konsep redoks berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang lebih universal dan lebih mudah untuk menjelaskan reaksi redoks.

1rb+

5.0 (4 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut. 1) Elektron 2) Oksigen 3) Bilangan Oksidasi Urutan yang benar tentang pemahaman redoks adalah ....

104

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia