RoboguruRoboguru
SD

Pada 7 September 1944, PM Koiso menjanjikan bahwa Indonesia akan diperkenankan merdeka. Tujuan janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia adalah agar rakyat Indonesia membantu Jepang melawan Sekutu dan tidak mengadakan perlawanan terhadap Jepang. Untuk membuktikan janjinya itu, Jepang mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Berdasarkan wacana diatas jawablah pertanyaan berikut ini: Siapa ketua BPUPKI!

Pertanyaan

Pada 7 September 1944, PM Koiso menjanjikan bahwa Indonesia akan diperkenankan merdeka. Tujuan janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia adalah agar rakyat Indonesia membantu Jepang melawan Sekutu dan tidak mengadakan perlawanan terhadap Jepang. Untuk membuktikan janjinya itu, Jepang mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Berdasarkan wacana diatas jawablah pertanyaan berikut ini:

Siapa ketua BPUPKI! space

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ketua BPUPKI adalah dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. spacespace

Pembahasan

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diisi oleh 67 orang iin (anggota). BPUPKI dipimpin oleh seorang kaico (ketua) dan dua orang fuku kaico (ketua muda atau wakil ketua). Jepang memilih dr. K.R.T. Radjiman  Wedyodiningrat sebagai ketua dari BPUPKI yang didampingi oleh dua orang ketua muda, yaitu Raden Pandji Soeroso yang berasal dari Indonesia dan Ichibangase Yosio yang merupakan orang Jepang.

Jadi, ketua BPUPKI adalah dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. spacespace

71

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di tengah kondisi terdesak akibat serangan Sekutu, pada tanggal 29 April 1945 pemerintah pendudukan Jepang membentuk Dokuritsu Zyunbi Coosakai/Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (B...

228

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia