Roboguru

Pada 28 Februari 1917, kelompok revolusioner berhasil menangkap para pejabat istana dan memaksa Tsar Nicholas II turun dari takhta. SEBAB Dibentuk pemerintahan sementara basil koalisi antara kaum liberal (dari Parrai Demokratik Konstitusional atau Kader), Partai Sosial-Revolusioner, dan kaum sosialis (dari Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia).

Pertanyaan

Pada 28 Februari 1917, kelompok revolusioner berhasil menangkap para pejabat istana dan memaksa Tsar Nicholas II turun dari takhta.
SEBAB
Dibentuk pemerintahan sementara basil koalisi antara kaum liberal (dari Parrai Demokratik Konstitusional atau Kader), Partai Sosial-Revolusioner, dan kaum sosialis (dari Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia).

  1.  

    Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.
     

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.
     

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Pembahasan Soal:

Pernyataan pada soal, pada 28 Februari 1917, kelompok revolusioner berhasil menangkap para pejabat istana dan memaksa Tsar Nicholas II turun dari takhta adalah benar. Tsar bersama keluarganya diasingkan. Setelah itu, dibentuk sebuah koalisi nasional yang akan menjalankan pemerintahan sementara (pemerintahan koalisi).

Alasan pada soal yang menyatakan, dibentuk pemerintahan sementara hasil koalisi antara kaum liberal (dari Partai Demokratik Konstitusional atau Kadet), Partai Sosial-Revolusioner, dan kaum sosialis (dari Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia) juga benar. Pemerintahan sementara menjamin kebebasan sipil serta menjanjikan pemilihan umum yang demokratis.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pada soal benar alasan juga benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 01 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved