Iklan

Iklan

Pertanyaan

organisasi sosial adalah perilaku anggota masyarakat yang terorgansasi secara sosial. Dalam organisasi sosial terdapat beberapa unsur. Sebutkan unsur unsur organisasi sosial!

organisasi sosial adalah perilaku anggota masyarakat yang terorgansasi secara sosial. Dalam organisasi sosial terdapat beberapa unsur. Sebutkan unsur unsur organisasi sosial! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poinpada soal adalah unsur-unsur organisasi sosial. Dalam kehidupan masyarakat pasti memiliki pola-pola kehidupan yang kemudian membentuk masyarakat berdasarkan kelompok-kelompok sosial karena didasari dari hubungan timbal balik yang dilakukan oleh masyarakat, masyarakat yang sudah berhasil membentuk kelompok-kelompok sosial akan selalu mengalami sebuah masalah-masalah yang diakibatkan dari interaksi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Salah satu kelompok masyarakat yang terbentuk yaitu organisasi sosia l yang artinya dari kata o rganisasi merujuk pada makna sebagai persataun, perkumpulan individu- individu yang saling berinteraksi dalam lingkup kelompok . Artinya organisasi sosial ini terbentuk berdasarkan kemauan masyarakat, dengan mentaati norma-norma dan nilai yang sudah disepakati bersama. organisasi sosial terbentuk karena didasri dengan tujuan tertentu. Organisasi sosial memiliki fungsi-fungsi yaitu : 1. Sebagai pedoman : Fungsi utama adalah sebagai pedoman bagi para anggota, yakni masyarakat yang terdapat di dalam organisasi tersebut. 2. Menjaga keutuhan masyarakat :Tujuan dari fungsi ini dapat dicapai jika terdapat pembentukan program sosialisasi kemasyarakatan, seperti gotong royong, peningkatan manfaat sumber daya alam dan lain sebagainya. Selain memiliki fungsi, unsur-unsur dalam organisasi sosial adalah sebagai berikut : 1. Kumpulan individu, berarti dalam organisasi sosial terdapat berbagai individu sebagai anggota atau sebagai pembentuk organisasi 2. Interaksi sosial, berarti kumpulan individu yang disebut anggota, berinteraksi dan berhubungan 3. Peran sosial, berarti interaksi tersebut meliputi berbagai peran yang dijalankan oleh tiap anggota 4. Tujuan organisasi, berarti tiap individu, yang berinteraksi, dan memiliki peran masing-masing, memiliki tujuan yang sama. Dengan melihat penjelasan tersebut, terdapat empat hal unsur-unsur organisasi di antaranya;Kumpulan individu, interaksi sosial, peran sosial, dan tujuan organisasi.

Poinpada soal adalah unsur-unsur organisasi sosial. 

Dalam kehidupan masyarakat pasti memiliki pola-pola kehidupan yang kemudian membentuk masyarakat berdasarkan kelompok-kelompok sosial karena didasari dari hubungan timbal balik yang dilakukan oleh masyarakat, masyarakat yang sudah berhasil membentuk kelompok-kelompok sosial akan selalu mengalami sebuah masalah-masalah yang diakibatkan dari interaksi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Salah satu kelompok masyarakat yang terbentuk yaitu organisasi sosial yang artinya dari kata organisasi merujuk pada makna sebagai persataun, perkumpulan individu- individu yang saling berinteraksi dalam lingkup kelompok. Artinya organisasi sosial ini terbentuk berdasarkan kemauan masyarakat, dengan mentaati norma-norma dan nilai yang sudah disepakati bersama. organisasi sosial terbentuk karena didasri dengan tujuan tertentu. Organisasi sosial memiliki fungsi-fungsi yaitu : 

1.  Sebagai pedoman : Fungsi utama adalah sebagai pedoman bagi para anggota, yakni masyarakat yang terdapat di dalam organisasi tersebut.
2. Menjaga keutuhan masyarakat : Tujuan dari fungsi ini dapat dicapai jika terdapat pembentukan program sosialisasi kemasyarakatan, seperti gotong royong, peningkatan manfaat sumber daya alam dan lain sebagainya.

Selain memiliki fungsi, unsur-unsur dalam organisasi sosial adalah sebagai berikut : 

1. Kumpulan individu, berarti dalam organisasi sosial terdapat berbagai individu sebagai anggota atau sebagai pembentuk organisasi
2. Interaksi sosial, berarti kumpulan individu yang disebut anggota, berinteraksi dan berhubungan
3. Peran sosial, berarti interaksi tersebut meliputi berbagai peran yang dijalankan oleh tiap anggota
4. Tujuan organisasi, berarti tiap individu, yang berinteraksi, dan memiliki peran masing-masing, memiliki tujuan yang sama.

Dengan melihat penjelasan tersebut, terdapat empat hal unsur-unsur organisasi di antaranya; Kumpulan individu, interaksi sosial, peran sosial, dan tujuan organisasi.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

71

venna munaiseche

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Makasih ❤️ Bantu banget

Humaira

Mudah dimengerti

Gracia Rahelia

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pihak-pihak yang berpartisipasi dalam upaya menyelesaikan masalah sosial adalah ...

14

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia