Roboguru

Organisasi dunia yang menangani permasalahan pangan adalah….

Pertanyaan

Organisasi dunia yang menangani permasalahan pangan adalah….

  1. WO

  2. ILO

  3. UNICEF

  4. UNESCO

  5. FAO

Pembahasan Soal:

Organisasi dunia yang menangani permasalahan pangan adalah FAO (Food and Agriculture Organization). FAO (Food and Agriculture Organization) merupakan specialized agency dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang didirikan pada tahun 1945 di Kanada dan berpindah ke Roma pada tahun 1951. Organisasi ini bertujuan meningkatkan gizi dan standar hidup, meningkatkan produktivitas pertanian, memperbaiki kehidupan masyarakat pedesaan, dan juga menunjang pertumbuhan ekonomi internasional. Saat ini FAO beranggotakan 194 negara dan FAO telah bekerja di lebih dari 130 negara di seluruh dunia. Organisasi ini yakin bahwa setiap orang dapat berperan dalam menuntaskan masalah kelaparan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketergantungan masyarakat di Indonesia terhadap beras sangat tinggi. Namun, tidak didukung oleh produktivitas pertanian yang semakin hari semakin menurun. Pulau Jawa sebagai lumbung padi tidak dapat l...

Pembahasan Soal:

Ekstensifikasi pertanian merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuka area hutan, memanfaatkan daerah sekitar rawa, membuka semak belukar, serta membuka lahan pertanian yang belum digunakan. Tidak hanya itu, namun ekstensifikasi pertanian juga bisa dilakukan dengan cara membuka persawahan pasang surut. Wilayah Pulau Jawa, dengan lahan yang semakin sempit tidak mungkin melakukan ekstensifikasi pertanian. Sedangkan, wilayah di luar Pulau Jawa yang memiliki lahan masih luas, tentunya dapat melakukan ekstensifikasi pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian.space 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

 

Roboguru

Sebutkan hal-hal pendukung yang sanggup dilakukan untuk mewujudkan pemanfaatan kearifan dan potensi pangan lokal untuk ketahanan pangan!

Pembahasan Soal:

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pemanfaatan kearifan dan potensi pangan lokal untuk ketahanan pangan diantaranya :

  • Menjaga ketersediaan pangan sesuai potensi wilayah masing-masing
  • Menyebarkan kolaborasi jaringan dan info pangan lokal dalam tempat dan antar daerah
  • Melakukan diversifikasi konsumsi pangan 
  • Meningkatkan motivasi masyarakat dalam menyelenggarakan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal
Roboguru

Bagaimana peran masyarakat dalam mencapai ketahanan pangan?

Pembahasan Soal:

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan, dari negara hingga perseorangan, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Peran masyarakat dalam upaya memenuhi ketahanan pangan adalah sebagai berikut.

  • Berpartisipasi dalam mengembangkan dan meningkatkan cadangan pangan bagi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat;
  • Melakukan penganekaragaman dan diversifikasi konsumsi pangan sehari- hari;
  • Mendukung petani dengan membeli produk lokal; dan
  • Mendukung program pemerintah dengan melaksanakan program yang telah disampaikan dalam pelatihan dan penyuluhan.undefined
Roboguru

United Nations atau Perserikatan Bangsa - Bangsa mencanangkan sebuah program yang bernama Sustainable Development Goals (SDG). Poin kedua SDG ini dapat dicapai suatu negara apabila negara tersebut mem...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 2015, United Nations atau Perserikatan Bangsa - Bangsa mencanangkan sebuah program yang bernama Sustainable Development Goals (SDG) dengan target selesai pada tahun 2030 yang berjumlah 17 poin. Poin kedua SDG ini adalah zero hunger yang mana berarti tingkat kelaparan di berbagai penjuru dunia sudah selayaknya tidak ada pada tahun 2030 nanti. Untuk mewujudkan poin tersebut, langkah yang harus dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai hal tersebut adalah memiliki stabilitas ketahanan pangan yang baik. Hal ini dapat dilakukan melalui pemanfaatan lahan pertanian dan lautan dalam negeri secara bijak serta mengawasi impor bahan pangan agar tidak berlebihan.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Kemampuan suatu individu dalam mendapatkan bahan pangan sepanjang waktu tertentu disebut….

Pembahasan Soal:

Stabilitas pangan mengacu pada kemampuan suatu individu dalam mendapatkan bahan pangan sepanjang waktu tertentu. Hal ini berkaitan dengan ketersedian, akses dan pemanfaatan pangan. Jika hal tersebut tidak dapat dipenuhi, maka akan dimungkinkan terjadi kerawanan pangan yang dapat bersifat musiman hingga kronis, tergantung bisa atau tidaknya seorang individu memenuhi kebutuhan pangannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved