Roboguru

Orang yang keracunan gas-gas tertentu berbahaya karena berhubungan dengan reaksi ikatan hemoglobin dengan gas lain. Benarkah demikian? Jelaskan!

Pertanyaan

Orang yang keracunan gas-gas tertentu berbahaya karena berhubungan dengan reaksi ikatan hemoglobin dengan gas lain. Benarkah demikian? Jelaskan!space

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut adalah benar, karena hemoglobin selain mengikat oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) juga mampu mengikat karbon monoksida (CO). Karbon monoksida merupakan gas yang berbahaya bagi tubuh dan dijuluki sebagai silent killer (pembunuh diam-diam). Afinitas karbon monoksida pada hemoglobin 200-300 kali lebih kuat daripada afinitas hemoglobin dengan oksigen. Apabila hemoglobin telah mengikat karbon monoksida, maka hemoglobin tidak bisa mengikat oksigen. Kondisi tersebut menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, sehingga apabila semakin parah dapat menyebabkan kematian.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Kekurangan sel darah seperti ditunjuk oleh gambar berakibat ....

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal menunjukkan eritrosil atau sel darah merah. Eritrosit adalah kepingan darah yang berbentuk bulat dengan sedikit ceruk di tengahnya, agak mirip donat. Sel darah ini dibuat di sumsum tulang melalui proses yang disebut erythropoiesis.

Eritrosit memiliki bentuk yang sangat elastis dan dapat berubah bentuk untuk menyesuaikan diri ketika mengalir melewati kapiler darah yang kecil. Sifatnya ini membuat eritrosit mampu menyebar dengan cepat dalam aliran darah untuk sampai ke berbagai organ di tubuh.

Kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik biasa disebut dengan anemia. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Jadi, dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Apabila darah kita kekurangan hemoglobin, maka yang terjadi adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Eritrosit memiliki bagian yang bernama hemoglobin. Hemoglobin berfungsi sebagai pengikat oksigen yang masuk melalui difusi pada alveolus. Apabila hemoglobin pada sel-sel eritrosit jumlahnya kurang dari normal akibatnya adalah darah akan sulit mengikat oksigen dengan jumlah banyak atau dengan kata lain darah akan kekurangan oksigen.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Dibawah ini adalah ciri-ciri sel darah: Bentuk bikonkaf Setiap 1 mm3 mengandung 200.000-400.000 Mengandung hemoglobin Bergerak secara amoeboid Tidak berinti Yang merupakan ciri-ciri sel darah...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri sel darah merah yaitu merupakan komponen utama sel-sel darah, setiap mm3 darah mengandung 4,5 juta sel darah merah, tidak memiliki inti sel, berbulat pipih dengan bagian tengah cekung, dan mengandung hemoglobin yang dapat berikatan dengan oksigen. Ciri nomor 2 yaitu setiap 1 mm3 mengandung 200.000-400.000 adalah ciri trombosit. Ciri nomor 4 yaitu bergerak secara amoeboid adalah ciri leukosit

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Apa fungsi sel darah merah?

Pembahasan Soal:

Sel darah merah atau eritrosit memilki fungsi yaitu mengedarkan undefined ke seluruh tubuh karena memiliki hemoglobin.undefined 

Jadi, sel darah merah berfungsi dalam mengedarkan undefined dalam tubuh.undefined 

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan fungsi darah adalah ….

Pembahasan Soal:

Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antar organ untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi.

Beberapa organ dalam tubuh berfungsi sebagai sistem transportasi darah, diantaranya ada jantung, pembuluh darah, dan darah. Berikut fungsi organ-organ pada sistem transportasi darah:

  • Jantung - memompa darah ke seluruh tubuh  
  • Pembuluh darah - mengedarkan darah dari jantung ke berbagai organ di dalam tubuh
  • Darah -  membawa atau mengangkut nutrisi, mengangkut oksigen dan karbondioksida serta hormon ke seluruh tubuh, membunuuh kuman penyakit dan juga berfungsi untuk proses pembekuan darah 

Dari informasi diatas, dapat kita ketahui bahwa darah di dalam tubuh berfungsi untuk membawa atau mengangkut nutrisi, oksigen dan karbondioksida serta hormon ke seluruh tubuh, dan juga berfungsi untuk proses pembekuan darah.

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved