Roboguru

Oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis berasal dari pemecahan ....

Pertanyaan

Oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis berasal dari pemecahan ....space 

  1. glukosa waktu reaksi terangspace 

  2. C O subscript 2 waktu reaksi gelapspace 

  3. C O subscript 2 waktu reaksi terangspace 

  4.  H subscript 2O waktu reaksi terangspace 

  5. H subscript 2O waktu reaksi gelapspace 

Pembahasan Soal:

Reaksi fotosintesis  sebagai berikutspace 

 

Syarat terjadinya fotosintesis yaitu adanya air, karbondioksida cahaya dan klorofil. Fotosintesis menghasilkan karbohidrat, oksigen dan air. Fotosintesis meliputi dua tahapan yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang adalah reaksi yang mengubah energi cahaya menjadi energi kimia berupa ATp dan NADPH. Pada reaksi terang di perlukannya H subscript 2O, ADP dan cahaya matahari hasil akhir reaksi terang yaitu NADPH, ATP dan dibebaskannya oksigen.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan di bawah ini: 1) Fotolisis 2) Oksigen dilepaskan 3) Energi ditangkap klorofil 4) Cahaya mengenai klorofil 5) Terbentuk NADPH2 Urutan dari reaksi terang fotosintesis adalah ...

Pembahasan Soal:

Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat (glukosa) dari materi anorganik dengan bantuan cahaya matahari. Fotosintesis terjadi di kloroplas, dan terjadi dalam 2 tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Tahapan pertama fotosintesis disebut reaksi terang karena memerlukan cahaya matahari sebagai energi penggeraknya. Berikut adalah tahapan (aliran energi) dari reaksi terang:

  1. Cahaya matahari akan ditangkap oleh klorofil dalam fotosistem II sehingga elektron di pusat fotosistem naik ke tingkat energi yang lebih tinggi dan ditangkap oleh akseptor primer.
  2. Elektron yang telah naik menyebabkan pusat fotosistem II kekurangan elektron, untuk mengisi kekosongan tersebut suatu enzim akan memecah H2O (fotolisis) menjadi 2 molekul H+ dan 1 molekul O- dan mendonorkan elektronnya pada pusat fotosistem II. Dua molekul O- akan bersatu dan akhirnya berubah menjadi O2 yang akan dilepaskan tumbuhan.
  3. Elektron dari fotosistem II yang naik dan ditangkap akseptor primer tadi akan dialirkan menuju sederetan protein yang yang akan mengantarkan elektron tersebut kembali ke tingkat energi semula.
  4. Disamping itu, elektron pada fotosistem I juga telah tereksitasi ke tingkat energi yang lebih tinggi karena menangkap energi cahaya matahari.
  5. Sedangkan elektron dari fotosistem I yang naik akan ditangkap oleh akseptor primer kemudian diteruskan menuju Fd (feredoksin), yang menjadi perantara sebelum elektron tersebut menuju enzim NADP+ reduktase. Enzim tersebut akan menggunakan elektron untuk reaksi reduksi membentuk NADPH.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan urutan reaksi terang fotosintesis yaitu A. 4-3-1-2-5.

0

Roboguru

Proses penguraian air untuk melepaskan hidrogen dan elektron terjadi dalam proses ....

Pembahasan Soal:

Penguraian air untuk melepaskan hidrogen dan elektron terjadi pada proses fotolisis air pada reaksi terang fotosintesis. Fotolisis air merupakan proses pecahnya molekul air oleh elektron yang berasal dari fotosistem II. Pemecahan ini menyebabkan terbentuknya ion H+, elektron, dan O2. O2 selanjutnya akan dilepaskan ke udara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Berikut ini beberapa reaksi yang terjadi pada peristiwa fotosintesis : Penyerapan energi cahaya oleh klorofil Pengikatan oksigen dari udara Fotolisis air Pembentukan ATP dan NADPH Pembentukan g...

Pembahasan Soal:

Reaksi terang adalah reaksi yang terjadi pada fotosintesis yang membutuhkan cahaya. Pada reaksi terang terjadi di membran tilakoid atau grana. Pada reaksi terang terjadi penyerapan energi cahaya matahari oleh klorofil yang dimiliki tumbuhan, selain itu terjadi juga fotolisis air yakni pemecahan air karena adanya cahaya matahari, dan hasil yang terbentuk dari reaksi terang adalah ATP dan NADPH.

0

Roboguru

Pada reaksi terang fotosintesis, elektron dari fotosistem II diteruskan ke fotosistem I sehingga elektron fotosistem I tereksitasi. Elektron yang tereksitasi ini akan dilanjutkan ke rantai transpor el...

Pembahasan Soal:

Peristiwa di atas mengakibatkan ATP banyak dihasilkan pada jalur siklik. Jalur fotofosforilasi siklik adalah proses yang melibatkan hanya satu fotosistem (PI) dan hanya menghasilkan ATP tanpa NADPH dan Oksigen. Pengertian siklik yakni elektron mengalami perputaran kembali ke pusat reaksi. Jalur ini disebut siklik karena elektron (e−) bertenaga tinggi yang meninggalkan klorofil pusat reaksi, kembali ke pusat reaksi tersebut setelah melalui rantai pemindah elektron.

Dengan demikian pilihan jawaban yang tapat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Pada reaksi terang fotosintesis terjadi . . . .

Pembahasan Soal:

Ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil di Fotosistem II, cahaya menyebabkan pelepasan elektron, yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi yang dihasilkan oleh elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi untuk menghasilkan ATP yang merupakan unit pertukaran energi dalam sel.space space

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved