Iklan

Iklan

Pertanyaan

Oei Tjhian Hwat alias Handoyo Wibowo, atau yang lebih dikenal dengan Koh Hwat, lahir 10 Februari 1952. Sejak April 1999 ia mulai menekuni geguritan, yaitu menulis sajak atau puisi dalam bahasa Jawa. Tahun 2000 ia menerbitkan buku pertama yang berisi 99 judul sajak dan geguritan, yang seluruhnya ditulis tangan. Tahun 2002 terbit buku kedua berisi 333 judul, dan buku ketiga terbit tahun 2009 berisi 999 judul sajak/geguritan. Jika ditambah dengan sajaknya yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ia telah menulis lebih dari 1.800 judul puisi. Geguritan Koh Hwat yang juga seorang pengusaha ini mengandung nilai ajaran hidup dan filosofi Jawa. Geguritannya kecuali dibukukan juga dituliskan di atas kaus dan ditujukan untuk umum, bahkan direkam dalam VCD. Kalimatresensiyang menyatakan keunggulan kepengarangan sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...

Oei Tjhian Hwat alias Handoyo Wibowo, atau yang lebih dikenal dengan Koh Hwat, lahir 10 Februari 1952. Sejak April 1999 ia mulai menekuni geguritan, yaitu menulis sajak atau puisi dalam bahasa Jawa. Tahun 2000 ia menerbitkan buku pertama yang berisi 99 judul sajak dan geguritan, yang seluruhnya ditulis tangan. Tahun 2002 terbit buku kedua berisi 333 judul, dan buku ketiga terbit tahun 2009 berisi 999 judul sajak/geguritan. Jika ditambah dengan sajaknya yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ia telah menulis lebih dari 1.800 judul puisi. Geguritan Koh Hwat yang juga seorang pengusaha ini mengandung nilai ajaran hidup dan filosofi Jawa. Geguritannya kecuali dibukukan juga dituliskan di atas kaus dan ditujukan untuk umum, bahkan direkam dalam VCD.

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan kepengarangan sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...

  1. Tulisan tangan Koh Hwat pada buku puisinya yang pertama sangat bagus dan rapi sehingga mudah dibaca dan dipahami.

  2. la adalah seorang warga negara Indonesia keturunan Tionghoa yang memiliki kemampuan menulis puisi dalam bahasa Jawa.

  3. Meski belum dimasukkan dalam kelompok penyair kelas nasional, jumlah geguritan yang sudah diciptakannya sungguh fantastis.

  4. Geguritan Koh Hwat sudah diabadikan di atas kaus, dibukukan, dan dilestari kan lewat rekaman VCD.

  5. Buah karya Koh Hwat semula hanya untuk kalangan sendiri tetapi akhirnya bisa dinikmati oleh umum.

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban (C) adalah yang paling sesuai.

pilihan jawaban (C) adalah yang paling sesuai.

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah (C) Meski belum dimasukkan dalam kelompok penyair kelas nasional, jumlah geguritan yang sudah diciptakannya sudah fantastis. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelebihan cerpen tersebut, dengan adanya kata-kata seperti fantastis. Hal yang utama yang dibahas dalam teks tersebut adalah banyaknya karya sastra yang ditulis oleh Koh Hwat. Oleh karena itu, pilihan jawaban (C) adalah yang paling sesuai.

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan cerpen tersebut adalah (C) Meski belum dimasukkan dalam kelompok penyair kelas nasional, jumlah geguritan yang sudah diciptakannya sudah fantastis. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelebihan cerpen tersebut, dengan adanya kata-kata seperti fantastis. Hal yang utama yang dibahas dalam teks tersebut adalah banyaknya karya sastra yang ditulis oleh Koh Hwat. Oleh karena itu, pilihan jawaban (C) adalah yang paling sesuai.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan bagian-bagian resensi pendek tersebut!

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia