Iklan

Iklan

Pertanyaan

Novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan pondok pesantren. Dalam novel itu diceritakan bahwa kehidupan di pondok pesantren ternyata tidak hanya belajar agama. Para siswa di pondok pesantren juga mempelajari ilmu pengetahuan umum dan keterampilan berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Di pondok pesantren juga siswa mendapatkan pelajaran cara bernegoisasi dan berkesenian. Kalimat resensi yang menunjukkan kelebihan novel Negeri 5 Menara berdasarkan penjelasan tersebut, yang tepat adalah .....

Novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan pondok pesantren. Dalam novel itu diceritakan bahwa kehidupan di pondok pesantren ternyata tidak hanya belajar agama. Para siswa di pondok pesantren juga mempelajari ilmu pengetahuan umum dan keterampilan berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Di pondok pesantren juga siswa mendapatkan pelajaran cara bernegoisasi dan berkesenian.

Kalimat resensi yang menunjukkan kelebihan novel Negeri 5 Menara berdasarkan penjelasan tersebut, yang tepat adalah .....

  1. Novel Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan pondok pesantren dengan segala warna-warninya

  2. Kehidupan pondok pesantren yang diangkat dalam novel Negeri 5 Menara tidak hanya tentang kegiatan ilmu agama, melainkan juga ilmu umum lainnya.

  3. Tulisan tangan A. Fuadi tidak perlu diragukan lagi, karyanya kali ini berjudul Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan pesantren. Diharapkan akan ada novel lain karya A. Fuadi.

  4. Di balik bahasanya yang menarik, sayangnya dalam novel ini tidak diceritakan bagaimana masing-masing tokokh bisa sukses pada akhirnya, sehingga cerita ini terkesan terburu-buru untuk selesai.

  5. Dari novel Negeri 5 Menara pembaca tidak hanya dihibur lewat cerita yang menarik, tetapi juga pembaca diajak untuk dapat melihat kehidupan pondok pesantren yang sesungguhnya.

Iklan

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat resensi yang tepat terdapat pada jawaban (E) Dari novel Negeri 5 Menara pembaca tidak hanya dihibur lewat cerita yang menarik, tetapi juga pembaca diajak untuk dapat melihat kehidupan pondok pesantren yang sesungguhnya .Plihan jawaban E merupakan resensi karena membahas tentang keunggulan dan kelemahannya.

kalimat resensi yang tepat terdapat pada jawaban (E) Dari novel Negeri 5 Menara pembaca tidak hanya dihibur lewat cerita yang menarik, tetapi juga pembaca diajak untuk dapat melihat kehidupan pondok pesantren yang sesungguhnya. Plihan jawaban E  merupakan resensi karena membahas tentang keunggulan dan kelemahannya. 

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah tulisan berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan suatu karya. Biasanya keunggulan dan kelemahan dari suatu buku yang dituliskan dalam resensi berkaitan dengan isi buku, bahasa yang digunakan, perwajahan buku. Selain itu, resensi pun biasanya menuliskan perbandingan dengan karya lain dari pengarang yang sama. Dengan demikian, kalimat resensi yang tepat terdapat pada jawaban (E) Dari novel Negeri 5 Menara pembaca tidak hanya dihibur lewat cerita yang menarik, tetapi juga pembaca diajak untuk dapat melihat kehidupan pondok pesantren yang sesungguhnya .Plihan jawaban E merupakan resensi karena membahas tentang keunggulan dan kelemahannya.

Resensi adalah tulisan berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan suatu karya. Biasanya keunggulan dan kelemahan dari suatu buku yang dituliskan dalam resensi berkaitan dengan isi buku, bahasa yang digunakan, perwajahan buku. Selain itu, resensi pun biasanya menuliskan perbandingan dengan karya lain dari pengarang yang sama. Dengan demikian, kalimat resensi yang tepat terdapat pada jawaban (E) Dari novel Negeri 5 Menara pembaca tidak hanya dihibur lewat cerita yang menarik, tetapi juga pembaca diajak untuk dapat melihat kehidupan pondok pesantren yang sesungguhnya. Plihan jawaban E  merupakan resensi karena membahas tentang keunggulan dan kelemahannya. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Jonathan emanuel

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kelebihan buku yang terdapat dalam kutipan resensi buku tersebut terdapat dalam kalimat ....

35

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia