Roboguru

Noda hitam yang terdapat pada tubuh matahari, disebut ....

Pertanyaan

Noda hitam yang terdapat pada tubuh matahari, disebut ....space

  1. kromosferspace

  2. prominensa space

  3. sun spotsspace

  4. protuiberansspace

  5. koronaspace

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah bagian-bagian dari matahari :

  1. Inti matahari (core), merupakan pusat matahari.
  2. Zona radiatif/radiasi, adalah tempat transformasi dan penyebaran energi panas matahari dari inti matahari ke seluruh permukaan matahari.
  3. Zona konvektif/konveksi, adalah zona yang berada di luar zona radiasi dan merupakan tempat menyalurkan atau merambatkan energi panas matahari dari ini matahari ke permukaan matahari.
  4. Fotosfer, adalah bagian permukaan matahari yang dapat dilihat dengan bantuan teleskop dan tampak seperti butiran-butiran kecil yang menyerupai piringan berwarna keemasan.
  5. Kromosfer, adalah lapisan atmosfer matahari yang sebagian besar tersusun atas gas hidrogen.
  6. Korona, adalah lapisan matahari yang paling luar dan paling panas. Suhunya mencapai 2.000.000 K.
  7. Bintik hitam matahari, biasa disebut sun spot merupakan bagian permukaan matahari yang suhunya rendah (4.000 - 5.000 K) dari suhu di sekitarnya karena adanya perubahan magnet di matahari.
  8. Granula (gumpalan matahari), yaitu gumpalan-gumpalan di permukaan matahari karena terjadinya perubahan suhu yang sangat besar antara daerah panas dan daerah dingin di permukaan matahari. Granula dapat bertahan selama sepuluh menit.
  9. Prominensa, adalah semburan material matahari ke luar, kemudian jatuh kembali ke permukaan matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja lapisan matahari ?

Pembahasan Soal:

Matahari adalah bola gas pijar yang sangat panas. Matahari terdiri atas empat lapisan, yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Berikut penjelasan rincinya :

  1. Inti Matahari ; bagian dalam dari matahari, yaitu inti matahari. Pada bagian ini terjadi reaksi fusi sebagai sumber energi matahari. Suhu pada inti matahari dapat mencapai 15000000 derajat celcius. Energi yang dihasilkan dari reaksi fusi akan dirambatkan sampai pada lapisan yang paling luar, yang kemudian akan terealisasi ke angkasa luar.
  2. Fotosfer ; adalah bagian permukaan matahari. Lapisan ini mengeluarkan cahaya sehingga mampu memberikan penerangan sehari-hari. Suhu pada lapisan ini mampu mencapai lebih kurang 16.000 derajat C dan mempunyai ketebalan sekitar 500 km.
  3. Kromosfer ; adalah lapisan di atas fotosfer dan bertindak sebagai atmosfer matahari. Kromosfer mempunyai ketebalan 16.000 km dan suhunya mencapai lebih kurang 9.800 derajat C. Kromosfer terlihat berbentuk gelang merah yang mengelilingi bulan pada waktu terjadi gerhana matahari total.
  4. Korona ; adalah lapisan luar atmosfer matahari. Suhu korona mampu mencapai lebih kurang 1.000.000 derajat C. Warnanya keabu-abuan yang dihasilkan dari adanya ionisasi pada atom-atom akibat suhunya yang sangat tinggi. Korona tampak ketika terjadi gerhana matahari total, karena pada saat itu hampir seluruh cahaya matahari tertutup oleh bulan. Bentuk korona, seperti mahkota dengan warna keabu-abuan.

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan ciri fisik matahari adalah ....

Pembahasan Soal:

Matahari memiliki beberapa ciri fisik. Ciri-ciri fisik Matahari adalah sebagai berikut.

  1. Matahari merupakan bola gas berpijar yang memiliki bentuk tidak bulat penuh.
  2. Matahari merupakan pusat peredaran sekaligus pusat sumber tenaga di tata surya.
  3. Matahari merupakan bintang terdekat dari Bumi, dengan jarak sekitar 149.680.000 km atau 93.026.724 mil.
  4. Matahari memiliki massa 1,99×1.030 kg, atau sekitar 330.000 kali massa Bumi.
  5. Matahari memiliki diameter sekitar 1,4 juta km, atau lebih dari 100 kali diameter Bumi.

Dengan demikian, yang bukan ciri fisik Matahari adalah memiliki diameter 1000 kali diameter bumi, karena diameter Matahari yang tepat adalah sekitar 109 kali diameter Bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Lidah api pada matahari sebenarnya adalah elektron dan proton yang berasal dari....

Pembahasan Soal:

Lapisan terluar matahari atau korona terkadang terjadi semburan massa gas yang tingginya mencapai ribuan kilometer dengan waktu yang sangat cepat. Hal tersebut dinamakan dengan lidah api. Lidah api terdiri atas bahan elektron dan proton yang berasal dari atom hidrogen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Cacat matahari atau area protosfer yang dingin disebut... gerhana matahari sinar matahari cahaya matahari noda matahari

Pembahasan Soal:

Matahari adalah pusat tata surya sebagai tempat berpusatnya planet-planet beredar. Matahari merupakan sebuah bintang raksasa yang mampu memunculkan cahaya sendiri dan energy yang dikeluarkannya sangat berguna untuk mahluk hidup di bumi. Saat matahari terbit atau terbenam, akan nampak piringan hitam yang melingkar mengelilinginya yang disebut protosfer. Area protosfer yang dingin disebut sebagai noda matahari merupakan bagian cacat matahari yang dapat terlihat pada area protosfer.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

0

Roboguru

Uraikan bagian-bagian lapisan Matahari.

Pembahasan Soal:

Matahari. Matahari merupakan pusat tata surya yang berbentuk bulatan gas yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Bagian-bagian matahari terdiri dari:

  • Inti matahari (core) adalah lapisan terdalam dari susunan matahari.  Lapisan ini memiliki suhu paling tinggi sehingga sering terjadi peristiwa reaksi fusi. Lapisan ini tersusun dari proton, electron, dan neutron yang membentuk plasma matahari. Inti matahri ini memiliki suhu kurang lebih antara 15 – 27 juta derajat Fahrenheit.
  • Zona radiatif adalah bagian matahari yang menjadi tempat yang menyelimuti matahari dan tempat pengubah energi panas pada inti matahari yang nantinya disalurkan ke seluruh permukaan matahari. Zona ini mencakup 45% keseluruhan radiasi matahari.
  • Zona konvektif adalah zona yang merambatkan atau menyalurkan energi panas hasil pengubahan pada zona radiatif berupa energi panas pada inti matahari ke permukaan matahari. Zona ini mencakup 30% dari keluruhan radiasi matahari.
  • Fotosfer adalah bagian matahri yang berbentuk butiran-butiran seperti piringan berwarna keemasan apabila dilihat dengan bantuan teleskop. Lapisan ini merupakan pemisah antara inti matahari, zona radiatif, dan zona konveksi. Lapisan ini dapat memncarkan suhu matahari yang sangat kuat, sehingga cahayanya dapat sampai ke Bumi.
  • Kromosfer adalah bagian matahari yang tersusun gas hidrogen. Suhu lapisan ini mencapai 50 ribu °C. Lapisan ini dapat terlihat oleh manusia berupa cahaya kemerahan pada saat terjadi gerhana matahari.
  • Korona adalah lapisan matahari yang terluar, dan paling panas. Suhu pada korona ini mencapai 1-2 juta derajat Kelvin atau bahkan dapat mencapai angka 20 juta derajat Kelvin.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved