Roboguru

Pertanyaan

Nini merasa prihatin melihat orang-orang yang tinggal di pemukiman kumuh yang melakukan MCK di kali yang sangat sudah tercemar. Ia berusaha membantu masyarakat yang tinggal di perumahan kumuh tersebut dengan membuatkan mereka toilet umum. Namun, impiannya belum jadi kenyataan. Dana yang ia kumpulkan belum seberapa. Belum mencukupi sekedar untuk membeli semen lima sak pun belum bisa. Akhirnya, Nini berinisiatif untuk menyurati teman-temannya ketika di SMA delapan tahun yang lalu untuk menggalang bantuan.

 

Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...

  1. Hai, Teman, aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk membangunkan mereka perkampungan khusus. Aku bermaksud membantu masyarakat kumuh yang dekat sekitarku. Bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di depan rumahku, anak-anak kecil, para muda dan gadis-gadis dan tetua-tetua semuanya melakukan MCK di kali yang memang udah kumuh sejak dulu.

  2. Hai, Teman, aku bermaksud akan membantu masyarakat kumuh yang dekat di sekitarku. Bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, para muda dan gadis-gadis dan tetua-tetua semuaya melakukan MCK di kali yang memang sudahkumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk kubangunkan mereka toilet umum.

  3. Hai, Teman, aku bermaksud akan membangun sebuah rumah untuk membantu masyarakat kumuh yang dekat di sekitarku. Bisa kalian bayangkan, mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, anak-anak, para muda, gadis-gadis, dan tetua-tetua semua, melakukan MCK di kali yang memang yang sudah kumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya.

  4. Hai, Teman, bisa kalian bayangkan mereka yang tinggal di pinggiran kali yang melintas di depan rumahku, anak-anak kecil, para muda dan gadis-gadis dan tetua-tetua semuanya melakukan MCK di kali yang memang udah kumuh sejak dulu. Aku minta kalian mau menyumbang seikhlasnya untuk kubangunkan mereka rumah lengkap dengan toilet umum.

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Surat pribadi dibuat tidak seresmi surat resmi. Bahasa yang digunakan tidak harus menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai aturan baku. Akan tetapi, untuk isi dari surat, segala esensi harus tampak dalam sebuah surat, yakni penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua, menggunakan sapaan yang baik dan santun, serta tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele dalam surat. Surat yang paling tepat karena berisi hal yang paling dekat dengan informasi yang hendak disampaikan adalah B.

6

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Lengkapi bagian-bagian surat pribadi teks 2 yang dirumpangkan.

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia