Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan novel berikut!


    Dulbur merupakan akronim kidul kuburan. Sebab, kebanyakan rumah mereka ada di selatan (kidul) kuburan. Bagi orang-orang Dulbur, kuburan bukan hal yang menakutkan. Kuburan menjadi bagian dari kegiatan mereka sehari-hari. Sembari duduk di atas kijing, mereka menonton sepak bola. Mereka menjemur baju di atas kijing dan menanam singkong di sela-selanya. Mereka meyakini, mayat manusia adalah pupuk terbaik.

    Mungkin yang disebut orang-orang Dulbur ini hanya terdiri atas sepuluh keluarga. Mereka hidup liar di tengah kampung kami. Mengembara dari satu ladang ke ladang yang lain. Mencuri apa saja yang bisa mereka curi. Mereka tidak takut teguran. Jika dipukul mereka akan balas memukul. Mereka tidak mengenal trauma atau dosa. Mereka hanya harus makan ketika perut mereka lapar. Mereka miskin dan tak bernama, setidaknya bagiku. Sebab, sampai aku pergi, yang aku tahu mereka biasa dipanggil Pantek, Mijong, Ateng, Krempeng, Guteng, Jamprong, Wes, Roto, dan banyak lagi yang tidak aku ingat. Aku tidak percaya itu nama yang diberikan orang tua mereka. Separuh dari mereka mati muda karena hepatitis.

Disadur dari: Ramayda Akmal, Jatisaba, Yogyakarta, lntitute for Civil Empowerment, 2011space

Nilai sosial dibahas dalam kutipan novel tersebut adalah ...

Nilai sosial dibahas dalam kutipan novel tersebut adalah ... 

  1. menaati norma dan aturan masyarakatundefined 

  2. menolong tetangga yang kesusahanundefined 

  3. memperjuangkan hak orang lainundefined 

  4. menjaga kebersihan lingkunganundefined 

  5. tenggang rasa antartetanggaundefined 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A. space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah novel merupakan unsur ekstrinsik novel yang terdiri atas nilai agama , nilai sosial , nilai moral , dan nilai budaya . Nilai sosial merupakan nilai yang bisa kita pelajari dan pahami dari interaksi tokoh utama novel dengan tokoh-tokoh lainnya atau interaksi tokoh utama novel dengan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya. Nilai sosial pada kutipan novel tersebut dapat kita lihat pada kutipan berikut: Mungkin yang disebut orang-orang Dulbur ini hanya terdiri atas sepuluh keluarga. Mereka hidup liar di tengah kampung kami. Mengembara dari satu ladang ke ladang yang lain. Mencuri apa saja yang bisa mereka curi. Mereka tidak takut teguran. Jika dipukul mereka akan balas memukul. Mereka tidak mengenal trauma atau dosa. Mereka hanya harus makan ketika perut mereka lapar. Mereka miskin dan tak bernama, setidaknya bagiku. Pada kutipan di atas dapat kita lihat kehidupan bermasyarakat orang-orang Dulbur yang berlaku menurut kehendaknya sendiri sehingga dapat mencuri ataupun memukul tanpa memikirkan akibatnya. Nilai sosial yang dapat kita ambil dari kutipan novel tersebut yaitu bahwa dalam hidup bermasyarakat kita harus menaati norma dan aturan yang berlaku di masyarakat agar dapat hidup dengan rukun dan tidak meresahkan masyarakat seperti yang terjadi pada orang-orang Dulbur. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah novel merupakan unsur ekstrinsik novel yang terdiri atas nilai agama, nilai sosial, nilai moral, dan nilai budaya.

Nilai sosial merupakan nilai yang bisa kita pelajari dan pahami dari interaksi tokoh utama novel dengan tokoh-tokoh lainnya atau interaksi tokoh utama novel dengan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Nilai sosial pada kutipan novel tersebut dapat kita lihat pada kutipan berikut:

Mungkin yang disebut orang-orang Dulbur ini hanya terdiri atas sepuluh keluarga. Mereka hidup liar di tengah kampung kami. Mengembara dari satu ladang ke ladang yang lain. Mencuri apa saja yang bisa mereka curi. Mereka tidak takut teguran. Jika dipukul mereka akan balas memukul. Mereka tidak mengenal trauma atau dosa. Mereka hanya harus makan ketika perut mereka lapar. Mereka miskin dan tak bernama, setidaknya bagiku.

Pada kutipan di atas dapat kita lihat kehidupan bermasyarakat orang-orang Dulbur yang berlaku menurut kehendaknya sendiri sehingga dapat mencuri ataupun memukul tanpa memikirkan akibatnya.

Nilai sosial yang dapat kita ambil dari kutipan novel tersebut yaitu bahwa dalam hidup bermasyarakat kita harus menaati norma dan aturan yang berlaku di masyarakat agar dapat hidup dengan rukun dan tidak meresahkan masyarakat seperti yang terjadi pada orang-orang Dulbur.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. space space

Latihan Bab

Mengenal Novel

Unsur Intrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel

Kebahasaan Novel

657

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan nilai-nilai dalam kutipan novel tersebut!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia