Roboguru

Nilai adat (budaya) yang menonjol dalam penggalan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Nilai adat (budaya) yang menonjol dalam penggalan novel tersebut adalah ....  

  1. kebiasaan mengangkut hasil panen dari desa ke kota 

  2. anak perempuan yang beranjak remaja ditentukan jodohnya 

  3. orang tua yang menyerahkan anak gadisnya kepada orang lain 

  4. ayah menentukan kehidupan anaknya dan harus dituruti oleh anaknya 

  5. orang tua yang memberi doa yang baik kepada anaknya 

Pembahasan Soal:

Novel merupakan karya sastra dalam bentuk prosa dan mempunyai unsur pembentuk. Unsur pembentuk ini terdiri dari unsur intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu unsur ekstrinsi novel adalah nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

Nilai dalam karya sastra ada yang bersifat edukatif, menambah pengetahuan, memberikan hiburan, atau dapat memanusiakan manusia sehingga berguna bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, dalam karya sastra ada sesuatu yang ber­manfaat bagi kehidupan.

Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra sebagai berikut:

  1. Nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.
  2. Nilai sosial/kemasyarakatan, yaitu nilai yang berkaitan dengan norma yang berada di dalam masyarakat.
  3. Nilai religius/keagamaan, yaitu nilai yang berkaitan dengan tuntutan beragama.
  4. Nilai pendidikan/edukasi, yaitu nilai yang berkaitan dengan pengubahan tingkah laku dari tidak baik ke baik   (pengajaran).
  5. Nilai politis, yaitu nilai yang berkaitan dengan pemerintahan.
  6. Nilai budaya, yaitu nilai yang berkaitan dengan adat istiadat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, nilai budaya yang terdapat dalam kutipan di atas adalah ayah menentukan kehidupan anaknya dan harus dituruti oleh anaknya. Hal tersebut merupakan budaya dan adat istiadat suatu daerah. Nilai budaya ini dibuktikan pada kutipan Ayahku orang yang menentukan dalam kehidupan kami. Dan aku yang dibesarkan dalam lingkungan adat kepala tunduk untuk mengiyakan semua orang tua. Tidak melihat alasan apa pun buat membantahnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Niai yang terdapat pada kutipan di atas adalah nilai keagamaan. Hal tersebut tergambar pada kutipan "... sujudlah ke hadirat Tuhan. Mintalah ampun kepada Tuhan Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun,  ..."

Nilai agama adalah nilai dalam cerpen/novel yang berhubungan dengan kepercayaan atau ajaran agama tertentu. Biasanya nilai ini dapat diketahui dengan simbol agama tertentu, kutipan atau dalil dari suatu kitab suci, dan penggambaran nilai-nilai kehidupan yang dilandasi ajaran agama yang bersifat universal.undefined 

0

Roboguru

Bacalah kutipan novel berikut! Tidak, ia tidak akan menghambakan dirinya kepada laki-laki serupa itu. Percintaan harus berdasar atas dasar yang nyata, sama-sama menghargai. Perempuan tidak harus meng...

Pembahasan Soal:

Adat adalah suatu kebiasaan atau norma yang sedang berlaku dalam suatu masyarakat. Biasanya, adat juga merupakan peraturan yang diakui oleh masyarakat sebagai keharusan untuk dipatuhi. Dalam kutipan cerita di atas, sang aku berusaha untuk mendobrak atau melawan suatu adat. Adat tersebut adalah adat yang mengharuskan perempuan untuk selalu berada di bawah laki-laki. Dapat juga dikatakan, adat yang berlaku dalam kutipan cerita di atas mengharuskan perempuan untuk menjadi hamba atas laki-laki. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Tradisi atau kebiasaan yang terungkap dalam cuplikan novel tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

    Novel merupakan karya prosa fiksi yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Di dalam novel terdapat unsur-unsur pembangun dari dalam atau unsur intrinsik dan juga unsur dari luar yang biasa disebut sebagai unsur ekstrinsik.

   Dalam soal tersebut meminta kita untuk menganalisis bagian unsur ekstrinsik yang berupa nilai kebiasaan atau nilai budaya. Nilai budaya dalam penggalan novel tersebut terlihat dari pertanyaan berikut.

Kebanyakan perempuan yang jatuh ketangan Datuk Maringgi ini semata-mata karena uangnya juga. Sebab lain daripada itu, tak ada yang dapat dipandang padanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

 

0

Roboguru

Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan novel tersebut yaitu ....

Pembahasan Soal:

Novel merupakan jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk naratif yang mengandung konflik tertentu dalam kisah kehidupan tokoh-tokoh dalam ceritanya. Adapun salah satu unsur ekstrinsik novel adalah nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, meliputi nilai budaya. Oleh karena itu, nilai budaya yang terkandung dalam kutipan novel tersebut yaitu Di Mesir, seorang suami malu jika istrinya tidak gemuk.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

“Kalau di mata kami tiada baik kalau seorang istri banyak-banyak keluar malam, tiada ditemani suaminya!” Matanya memandang muka Tini dengan tajam. Tini melompat berdiri sebagai digigit kalajengking. “...

Pembahasan Soal:

Kebiasaan merupakan hal-hal yang sering dilakukan hingga menjadi tradisi dan menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah seorang istri yang keluar malam tidak ditemani suami dinilai kurang baik. Hal tersebut terbukti pada tokoh Tini yang dimarahi karena keluar rumah dengan tidak ditemani oleh suaminya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved