Roboguru

Neraca pembayaran negara A menunjukkan transaksi k...

Neraca pembayaran negara A menunjukkan transaksi kredit sebesar Rp80.000 miliar dan transaksi debit sebesar Rp75.000 miliar. Berdasarkan data tersebut, kondisi perekonomian negara A menunjukkan ....space 

  1. utang luar negeri bertambahspace 

  2. impor meningkat dan ekspor menurunspace 

  3. pembangunan ekonomi mengalami pertumbuhanspace 

  4. nilai tukar dalam negeri melemahspace 

  5. pembangunan ekonomi mengalami penurunanspace 

Jawaban:

Neraca pembayaran adalah ikhtisar yang berisi ringkasan transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atau penduduk dalam negeri dengan penduduk luar negeri dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). 

Ada 2 jenis transaksi yang terjadi pada neraca pembayaran yaitu :

  1. Transaksi debit, merupakan transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri karena adanya proses perdagangan internasional ataupun penyebab lainnya. Transaksi ini disebut juga sebagai transaksi negatif (-), yaitu transaksi yang menyebabkan berkurangnya posisi cadangan devisa pada suatu negara.
  2. Transaksi kredit merupakan transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri atau arus uang masuk. Transaksi ini merupakan transaksi positif (+), yaitu transaksi yang menyebabkan bertambahnya posisi cadangan devisa negara ke dalam suatu negara.

Neraca pembayaran negara A menunjukkan transaksi kredit sebesar Rp80.000 miliar dan transaksi debit sebesar Rp75.000 miliar. Berdasarkan data tersebut, kondisi perekonomian negara A menunjukkan neraca pembayaran negara A mengalami surplus $5.000 milyar yang artinya pembangunan ekonomi mengalami pertumbuhan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved