Iklan

Iklan

Pertanyaan

Neokolonialisme dapat menyebabkan negara-negara berkembang menjadi pekerja di negaranya sendiri. Kondisi tersebut terjadi karena ....

Neokolonialisme dapat menyebabkan negara-negara berkembang menjadi pekerja di negaranya sendiri. Kondisi tersebut terjadi karena ....

  1. negara berkembang hanya memperoleh keuntungan kecil ketika bekerja sama dengan negara maju

  2. para pekerja di negara berkembang merasa teralienasi akibat penjajahan secara langsung 

  3. sistem pertahanan negara maju mendominasi negara berkembang 

  4. sistem perekonomian dikuasai oleh pemilik modal yang berasal dari negara- negara maju

  5. kebudayaan-kebudayaan negara maju memengaruhi masyarakat dunia

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Neokolonialisme merupakan cerminan negara berdaulat dan merdeka, tetapi sistem ekonorni dan politiknya ditentukan oleh pihak luar. Walaupun dari segi politik sudah tidak lagi dijajah oleh negara lain, namun negara tersebut tidak dapat membangun kemandirian politik dan ekonomi sehingga dapat diintervensi oleh negara lain. Neokolonialisme merupakan kelanjutan dominasi dan eksploitasi dari negara-negara kolonial dengan cara berbeda. Oleh karena itu, neokolonialisme sering disebut penjajahan dalam bentuk baru. Salah satu penandanya adalah ketergantungan ekonomi terhadap negara-negara maju dan perusahaan multinasional (asing). Bentuk neokolonialisme pada umumnya berupa pemberian bantuan dalam bentuk "pinjaman lunak" kepada negara berkembang melalui lembaga-lembaga keuangan seperti IMF dan Bank Dunia. Oleh karena terjerat utang terus-menerus, akhirnya sumber daya alam negara berkembang tergadai untuk membayar utang. Kondisi ini yang membuat negara berkembang mengalami fase pembangunan yang lebih lambat dibanding negara maju. Wujud neokolonialisme di negara-negara berkembang telah menyebabkan rakyatnya menjadi pekerja di negaranya sendiri, bahkan harus bersaing dengan para pekerja dari negara lain (asing). Kondisi ini dapat terjadi karena sistem perekonomian dikuasai oleh pemilik modal yang berasal dari negaranegara maju.

Neokolonialisme merupakan cerminan negara berdaulat dan merdeka, tetapi sistem ekonorni dan politiknya ditentukan oleh pihak luar. Walaupun dari segi politik sudah tidak lagi dijajah oleh negara lain, namun negara tersebut tidak dapat membangun kemandirian politik dan ekonomi sehingga dapat diintervensi oleh negara lain. Neokolonialisme merupakan kelanjutan dominasi dan eksploitasi dari negara-negara kolonial dengan cara berbeda. Oleh karena itu, neokolonialisme sering disebut penjajahan dalam bentuk baru. Salah satu penandanya adalah ketergantungan ekonomi terhadap negara-negara maju dan perusahaan multinasional (asing).

 

Bentuk neokolonialisme pada umumnya berupa pemberian bantuan dalam bentuk "pinjaman lunak" kepada negara berkembang melalui lembaga-lembaga keuangan seperti IMF dan Bank Dunia. Oleh karena terjerat utang terus-menerus, akhirnya sumber daya alam negara berkembang tergadai untuk membayar utang. Kondisi ini yang membuat negara berkembang mengalami fase pembangunan yang lebih lambat dibanding negara maju.

 

Wujud neokolonialisme di negara-negara berkembang telah menyebabkan rakyatnya menjadi pekerja di negaranya sendiri, bahkan harus bersaing dengan para pekerja dari negara lain (asing). Kondisi ini dapat terjadi karena sistem perekonomian dikuasai oleh pemilik modal yang berasal dari negaranegara maju.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Fadlan Fachri Fauzi

jadi isi nya apa

Ria Marsedes

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terdapat beberapa akibat dari adanya ketimpangan sosial, seperti ..., ..., ..., dan ....

5

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia