Roboguru

Negara kepulauan paling besar di dunia adalah ...

Pertanyaan

Negara kepulauan paling besar di dunia adalah ...space 

  1. Mandagaskarspace 

  2. Indonesiaspace 

  3. Papua Nuginispace 

  4. Filipinaspace 

Pembahasan Soal:

Negara kepulauan terbesar di dunia adalah Indonesia yang memiliki luas wilayah sebesar 1,904,569 km2 dengan jumlah pulau sebanyak 17.508 pulau dan panjang garis pantai 81.000 km. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di wilayah Maluku daerah yang memiliki tanah subur dan suhu rendah, berbagai tumbuhan tumbuh dengan baik. Mata pencaharian utama penduduk wilayah itu adalah di bidang....

Pembahasan Soal:

Ilustrasi soal menjelaskan bahwa di daerah Maluku memiliki tanah yang subur dan suhunya rendah, dan berbagai tanaman tumbuh dengan baik. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah daerah Maluku sangat tepat untuk bidang pertanian.

0

Roboguru

Jenis tanah yang sesuai digunakan untuk kegiatan pertanian atau perkebunan adalah ….

Pembahasan Soal:

Tidak semua jenis tanah di Indonesia cocok dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian atau perkebunan. Beberapa jenis tanah yang sesuai untuk kegiatan tersebut adalah tanah andosol, aluvial, dan humus. Tanah-tanah ini subur karena mengandung banyak unsur hara dan juga mineral ataupun bahan organik. Sementara itu, jenis tanah gambut, kapur, dan laterit kurang cocok untuk kegiatan pertanian. Jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Setiap daerah mempunyai karakteristik berbeda dengan daerah lain. Karakteristik setiap daerah akan memengaruhi pola aktivitas masyarakat setempat. Contohnya karakteristik alam di Papua. Karakter alam ...

Pembahasan Soal:

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, definisi wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional. Suatu wilayah dengan wilayah lain memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena adanya perbedaan kondisi fisiografis. Manusia yang tinggal di suatu wilayah dengan kondisi fisiografis tertentu perlu menyesuaikan diri dengan alam agar dapat bertahan hidup. Hal tersebut sesuai dengan wacana pada soal. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Berdasarkan relief muka bumi, Pulau Maluku merupakan wilayah Indonesia bagian ....

Pembahasan Soal:

Dalam geografi, bentuk permukaan bumi lebih dikenal dengan istilah relief rupa atau muka bumi. Berdasarkan relief muka bumi, wilayah Indonesia dapat dikelompokkan atas tiga bagian, yaitu wilayah bagian barat, wilayah bagian tengah, dan wilayah bagian timur. Wilayah bagian timur meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Nusa Tenggara (NTT, NTB, dan Bali) dan Papua. Wilayah laut di antara pulau-pulau ini tergolong laut dalam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Di wilayah Maluku daerah yang memiliki tanah subur dan suhu rendah, berbagai tumbuhan tumbuh dengan baik. Mata pencaharian utama penduduk di wilayah itu adalah di bidang....

Pembahasan Soal:

Ilustrasi soal menjelaskan bahwa di daerah Maluku memiliki tanah yang subur dan suhunya rendah, dan berbagai tanaman tumbuh dengan baik. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah daerah Maluku sangat tepat untuk bidang pertanian seperti pertanian sayur-sayuran.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved