Roboguru

Negara berkembang dicirikan dengan jumlah penduduk besar dan pendapatan per kapita rendah. Jelaskan hubungan antara kedua ciri tersebut!

Pertanyaan

Negara berkembang dicirikan dengan jumlah penduduk besar dan pendapatan per kapita rendah. Jelaskan hubungan antara kedua ciri tersebut!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata semua penduduk di suatu negara yang berhubungan dengan jumlah penduduk dan pendapatan negara. Negara dikatakan maju bila pendapatan per kapitanya besar sedangkan negara berkembang memiliki pendapatan per kapita yang rendah. Jumlah penduduk yang tinggi menjadi faktor utama pendapatan per kapita rendah jika pendapatan nasional  juga rendah. Namun tidak semua negara yang memiliki penduduk tinggi memiliki pendapatan per kapita yang rendah karena tergantung pendapatan negara. Perkonomian negara berkembang masih belum stabil menyebabkan pendapatan negara rendah dikarenakan masih banyak aspek yang belum terpenuhi seperti penggunaan teknologi, sumber daya manusia yang kurang mumpuni dan produktivitas eknomi masih kalah dengan negara maju.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved