Roboguru

Pertanyaan

Natrium tiosulfat pentahidrat, Na subscript 2 S subscript 2 O subscript 3 middle dot 5 H subscript 2 O, kelarutannya 76 g per 100 g air pada 25 degree C.

  1. Jelaskan cara membuat larutan tidak jenuh, larutan jenuh, dan larutan lewat jenuh dari zat tersebut.
  2. Jika tiga larutan yang telah dibuat tidak diberi label, bagaimana cara yang mudah untuk membedakannya.space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Membuat larutan tidak jenuh, larutan jenuh dan lewat jenuh dari natrium tiosulfat pentahidrat dengan kelarutan 76 g maka dengan menambahkan massa yang lebih kecil dari kelarutannya untuk larutan tidak jenuh, massa yang lebih besar dari kelarutannya untuk larutan jenuh, dan sisa kristal untuk larutan lewat jenuh. Serta membedakannya cukup dengan mengamati untuk larutan jenuh dan tidak jenuh akan tetap stabil seperti diawal, sedangkan larutan lewat jenuh maka akan membentuk kristal kembali.

1. Kelarutan zat menyatakan banyaknya zat terlarut yang larut dalam sejumlah tertentu pelarut dalam larutan jenuh kondisi tertentu. Kelarutan dapat dinyatakan dengan jumlah mol zat terlarut yang larut dalam 100 g pelarut. Jadi untuk membuat larutan tidak jenuh, larutan jenuh dan larutan lewat jenuh perlu diketahui kelarutannya. Pada natrium tiosulfat pentahidrat kelarutannya 76 g per 100 g air pada 25 degree C. Maka:

  • untuk membuat larutan tidak jenuh, sebanyak 70 gram natrium tiosulfat pentahidrat dilarutkan dalam 100 gram air dalam gelas beker pada temperatur 25 degree C, Natrium tiosulfat pentahidrat akan larut semua. Kondisi ini disebut larutan tidak jenuh.
  • untuk membuat larutan jenuh, sebanyak 80 g natrium tiosulfat pentahidrat dilarutkan dalam 100 gram air dalam gelas beker pada temperatur 25 degree C, setelah diaduk ternyata ada kristal natrium tiosulfat pentahidrat yang tersisa. Kristal tersebut dikeringkan dan ditimbang, ternyata beratnya 4 g. Kondisi ini yang disebut larutan jenuh dan dalam hal ini kelarutan natrium tiosulfat pentahidrat adalah 76 g dalam 100 g air 25 degree C.
  • untuk membuat larutan lewat jenuh, sisa kristal 4 g natrium tiosulfat pentahidrat dipanaskan pada suhu 50 degree C ternyata kristal tersebut larut. Ketika larutan tersebut didinginkan dan mencapai suhu 25 degree C ternyata tidak terbentuk kristal natrium tiosulfat pentahidrat maka larutan ini disebut larutan lewat jenuh.

2.  Larutan tidak jenuh dan jenuh bersifat stabil dimana larutan tidak jenuh berbentuk larutan yang tida terdapat sisa kristal, larutan jenuh akan terdapat kristal, sedangkan larutan lewat jenuh tidak stabil maka jika kemasukan sesuatu maka akan membentuk kristal kembali.space 

5

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan antara larutan, koloid, dan suspensi. Bagaimanakah cara membedakannya?

411

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia