Roboguru

NATO adalah salah organisasi bidang pertahanan dan keamanan yang dibentuk oleh Negara-negara di wilayah Eropa bagian Utara Samudra Atlantik dengan Amerika Serikat sebagai sekutunya. Awal mula pembentukan NATO bertujuan untuk...

Pertanyaan

NATO adalah salah organisasi bidang pertahanan dan keamanan yang dibentuk oleh Negara-negara di wilayah Eropa bagian Utara Samudra Atlantik dengan Amerika Serikat sebagai sekutunya. Awal mula pembentukan NATO bertujuan untuk...

  1. Bersiap menghadapi Perang Dunia II

  2. Menghadapi ancaman teroris

  3. Membendung meluasnya Komunis di Eropa

  4. Menangkap dan menghukum penjahat perang

  5. Mengawal Perdamaian Dunia

Pembahasan Soal:

NATO adalah kependekan dari North Atlantic Treaty Organization atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Organisasi Pertahanan Atlantik Utara, kadang juga Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Adapun yang menjadi TUJUAN terselubung pembentukan NATO adalah untuk membendung pengaruh komunis yang semakin kuat. Perlindungan NATO dikhususkan mulai dari wilayah Eropa Utara hingga wilayah Turki juga Yunani.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang merupakan tujuan utama terbentuknya North Atlantic Treaty Organization (NATO) adalah ....

Pembahasan Soal:

Pasca perang dunia II, NATO atau (North Atlantic Treaty Organization) menjadi satu-satunya organisasi keamanan di dunia yang menggabungkan negara-negara Amerika dengan negara-negara Eropa. NATO berkembang pasca Perang Dunia II, terutama karena kekhawatiran akan ekspansi dan agresi Uni Soviet setelah kudeta Partai Komunis di Cekoslowakia serta blokade Uni Soviet terhadap Berlin. NATO juga dibentuk untuk mendorong integrasi politik di Eropa. Pada tahun 1948, ketiga negara yaitu Amerika Serikat, Inggris dan Perancis menyepakati perjanjian untuk saling memberikan bantuan militer apabila diantara mereka diserang oleh negara lain. Perjanjian tahun 1948 ditandatangani di Brussel oleh lima negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Belgia dan Denmark. Perjanjian ini lalu dikenal dengan perjanjian Brussel.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

NATO dibentuk untuk mewadahi negara-negara Eropa dan Amerika yang tergabung dalam blok Barat. Organisasi ini bergerak dalam bidang ...

Pembahasan Soal:

North Atlantic Treaty Organization (NATO) merupakan organisasi pertahanan dan keamanan di kawasan Atlantik Utara yang meliputi negara-negara Eropa, Amerika Serikat dan Kanada. Gagasan perumusan NATO dicetuskan oleh Inggris dan Perancis yang khawatir akan ketegangan politik pada awal Perang Dingin. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa khawatir akan adanya ambisi ekspansi Uni Soviet di Eropa Timur.

Dengan demikian pada perkembangannya, NATO memiliki partner countries untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan dan permasalahan pertahanan dan keamanan internasional.space space 

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut. Perbedaan organisasi Central Treaty Organization (CENTO) dengan NATO adalah . . . .

Pembahasan Soal:

NATO (North Atlantic Treaty Organization) merupakan Pakta Pertahanan Atlantik Utara dan menekankan pada bidang pertahanan (militer) di Negara-negara Atlantik Utara. Dibentuk dengan tujuan membendung gerakan komunis yang meluas di Negara-negara Eropa Barat setelah berkhirnya perang dunia II.

CENTO (Central Treaty Organization) merupakan Pakta Organisasi Timur Tengah. Dibentuk oleh Amerika Serikat bersama dengan negara-negara Timur-Tengah dan memiliki tujuan untuk membendung paham komunis di Timur-Tengah. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. A (2), B (1), dan B (3) 

0

Roboguru

Berikut pernyataan yang tepat mengenai North Atlantic Treaty Organization (NATO) adalah ....

Pembahasan Soal:

Pasca Perang Dunia II, mulai muncul organisasi-organisasi militer tingkat regional dan global. Hal ini berkaitan dengan situasi Perang Dingin yang semakin berkembang. Amerika Serikat, lnggris, dan Prancis yang merupakan tiga negara penting dalam Blok Barat,  menyepakati perjanjian untuk saling memberikan bantuan militer apabila di antara mereka diserang oleh negara lain. Perjanjian yang dilakukan pada 1948 ini ditandatangani di Brussels oleh lima negara (Amerika Serikat, lnggris, Prancis, Belgia, dan Denmark). Berdasarkan nama tempat penandatanganan itulah, perjanjian 1948 dikenal sebagai Perjanjian Brussels.

Pada bulan April 1949, isi perjanjian diperbaharui dengan memperluas keanggotaannya, yakni Amerika Serikat, lnggris, Prancis, Belgia, Denmark, Kanada, Islandia, ltalia, Belanda, Norwegia, Luksemburg, Portugal, dan Turki. Mereka membentuk organisasi pertahanan bersama NATO (North Atlantic Treaty Organization). Negara-negara lain segera menyusul menjadi anggota, seperti Yunani pada 1952, Jerman Barat pada 1955, dan Spanyol pada 1982. Markas besar NATO berada di Brussels, sedangkan Eksekurif Komite Militer NATO berada di Washington, Amerika Serikat.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

NATO lebih dahulu dibentuk daripada Pakta Warsawa. Pembentukan NATO bertujuan untuk...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 4 April 1949, para menteri luar negeri Amerika Serikat, Perancis, Inggris dan sembilan negara lain menandatangani perjanjian pembentukan sebuah pakta pertahanan. Pakta itu diberi nama North Atlantic Treaty Organization, disingkat NATO. Tujuan utama dari NATO melindungi anggotanya dari ancaman Uni Soviet. NATO  merupakan implikasi langsung dari perang dingin dan meluasnya ancaman nuklir setelah penemuan bom atom. 


Dengan demikian, tujuan didirikannya NATO adalah untuk menangkal ekspansionisme Uni Soviet.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved