Roboguru

Narasi berasal dari bahasa Latin narrare yang berarti ....

Pertanyaan

Narasi berasal dari bahasa Latin narrare yang berarti ....space 

  1. menceritakan

  2. diceritakan

  3. mendongeng

  4. mendengarkan 

Pembahasan Soal:

Narasi berasal dari bahasa Latin narrare berarti menceritakan, bercerita, sedangkan narratio berarti penceritaan dan narrativus berarti bersifat penceritaan. Kata Narasi memiliki banyak arti dan banyak digunakan pada cerpen, novel, atau karya sastra lainnya, serta dipakai pula pada drama, teater, atau seni peran lainnya. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, narasi memiliki arti pengisahan suatu cerita atau kejadian atau cerita atau deskripsi suatu kejadian atau peristiwa; kisahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Munculnya tokoh lain serta perjalanan menuju adanya suatu konflik atau masalah dalam teks cerita pendek terdapat pada bagian  ….

Pembahasan Soal:

Munculnya tokoh lain serta perjalanan menuju adanya suatu konflik atau masalah dalam teks cerita pendek terdapat pada bagian rangkaian peristiwa. Bagian rangkaian peristiwa merupakan bagian kedua dalam struktur teks cerita pendek. Pada bagian ini, kisah dalam teks cerita pendek akan berlanjut menjadi rangkaian peristiwa. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

 

0

Roboguru

Penggalan cerita itu termasuk ke dalam bagian....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek atau sering disingkat teks cerpen merupakan satu di antara karya sastra berbentuk prosa yang hanya memiliki satu tahapan alur cerita. Teks cerpen berisi tentang kehidupan yang diceritakan secara pendek, singkat, dan langsung kepada inti cerita. Teks cerpen biasanya mengangkat berbagai macam jenis kisah, baik itu kisah nyata maupun kisah fiksi. Cerita pendek kebanyakan berfokus pada satu kejadian tertentu atau spesifik dan terdiri dari beberapa pemeran karakter.

Teks cerpen itu sendiri dibangun oleh 6 struktur utama, yaitu:

  1. Abstrak adalah struktur yang memberikan gambaran awal atau intisari cerita yang ingin disampaikan penulis.
  2. Orientasi adalah struktur yang memperkenalkan tokoh dan latar dalam cerpen. Latar yang dimaksud dapat berupa waktu, suasana atau kondisi, dan juga tempat.
  3. Komplikasi adalah struktur yang menyusun peristiwa yang dihubungkan dengan sebab akibat. Di tahap ini penulis memiliki tugas untuk menjaga karakter dan tokoh untuk tetap menarik minat pembaca melalui penggambaran konflik yang ada.
  4. Evaluasi adalah struktur yang memaparkan perjalanan konflik menuju klimaks untuk selanjutnya ditemukan pelariannya.
  5. Resolusi adalah struktur yang menunjukkan konflik sudah bertemu dengan peleraiannya, yaitu  penulis mengungkapkan solusi dari cerita yang telah dibangun.
  6. Koda adalah struktur bagian akhir untuk penulis mengungkapkan nilai-nilai atau pesan yang ingin disampaikan pada cerpennya.

Berdasarkan penjelasan di atas, penggalan cerita itu termasuk ke dalam bagian orientasi karena memperkenalkan tokoh dan latar dalam cerpen. Adapun buktinya yaitu:

  • Bagian orientasi yang menunjukkan tokoh, yaitu "petani".
  • Bagian orientasi yang menunjukkan latar, yaitu "pegunungan", "sawah", "tepi sungai".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

0

Roboguru

Teks narasi mencakup semua jenis tulisan atau lisan yang mengandung unsur ...

Pembahasan Soal:

Teks narasi atau yang lebih dikenal dengan paragraf narasi adalah suatu karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktunya. Teks narasi mencakup semua jenis tulisan atau lisan yang mengandung unsur cerita.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space

0

Roboguru

Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam….

Pembahasan Soal:

Struktur penyusun cerpen, terdiri dari:
 

  1. Abstrak adalah struktur cerpen yang menjelaskan sebuah pemaparan awal dari cerita yang akan disampaikan. Abstrak merupakan pelengkap dari sebuah cerpen. Oleh karena itu, abstrak bisa jadi tidak ada dalam suatu cerpen. Selain itu, abstrak juga berisi rangkuman atau intisari dari cerita, dan dari abstrak juga pembaca bisa memperkirakan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.
  2. Orientasi adalah struktur cerpen yang menjelaskan tentang latar baik waktu, tempat maupun suasana yang ada di dalam sebuah cerpen.
  3. Komplikasi adalah struktur cerpen yang menjelaskan tentang pemaparan awal sebuah masalah yang dihadapi oleh tokoh. Biasanya, watak dari tokoh yang diceritakan di cerpen akan dijelaskan pada bagian ini.
  4. Evaluasi adalah struktur cerpen yang menjelaskan tentang masalah yang dipaparkan akan semakin memuncak. Puncak dari masalah tersebut ditulis dalam bagian evaluasi.
  5. Resolusi adalah struktur cerpen yang menjelaskan akhir dari permasalahan yang ada di dalam cerpen. Solusi dari permasalahan yang dialami oleh tokoh tersebut akan dijelaskan.
  6. Koda adalah struktur cerpen yang menjelaskan tentang pesan moral yang ada dalam sebuah cerpen yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Penulis akan menyampaikan pesan moralnya baik secara eksplisit maupun implisit.


Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam sebuah latar pada bagian struktur orientasi, karena saran diartikan sebagai sebuah tempat.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

0

Roboguru

Menurut Gorys Keraf, jenis teks narasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Teks narasi adalah jenis teks yang berisi cerita yang disampaikan melalui alur peristiwa yang disusun secara kronologis atau kausalitas atau sebab-akibatnya. Menurut Keraf, (2010, hlm. 136-138) teks narasi dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu:

  1. Narasi Ekspositoris (Narasi Informasional), merupakan narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat mengenai suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan pembaca lewat kisahnya. Pada narasi ekspositoris, penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya.

  2. Narasi Sugestif (Narasi Artistik), adalah narasi yang berusaha untuk menggambarkan suatu maksud hingga seolah-olah pembaca atau pendengar melihat dan merasakannya sendiri. Narasi ini juga biasanya berusaha untuk memberikan suatu amanat secara tidak langsung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved