Roboguru

Nama senyawa di bawah ini yang benar adalah ....

Pertanyaan

Nama senyawa di bawah ini yang benar adalah ....space 

  1. begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 end style = kalsium karbonat

  2. begin mathsize 14px style AICI subscript 3 end style = aluminium trioksida

  3. begin mathsize 14px style Na subscript 2 O end style = dinatrium monoksida

  4. begin mathsize 14px style Fe subscript 2 O subscript 3 end style = besi (II) trioksida

  5. begin mathsize 14px style Cu open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 end style = tembaga (II) nitrat

Pembahasan Soal:

Senyawa-senyawa diatas merupakan senyawa ionik yang terdiri dari kation logam dan anion poliatomik maupun monoatomik. Penulisan nama kation logam yang memiliki hanya 1 biloks adalah langsung dituliskan namanya saja diikuti nama anion. Sedangkan kation logam yang memiliki biloks banyak, maka harus dituliskan biloksnya berapa (misalnya untuk tembaga dan besi). 

Penamaan begin mathsize 14px style Ca C O subscript 3 end style = kalsium karbonat sudah benar, kation kalsium hanya memiliki biloks +2 sehingga tidak perlu dituliskan, dan nama anionnya sudah sesuai.

Penamaan begin mathsize 14px style AICI subscript 3 end style = aluminium trioksida salah, cara ini digunakan untuk senyawa yang disusun oleh unsur nonlogam - nonlogam, seharusnya nama senyawa ini adalah aluminium oksida.

Kesalahan pada penamaan begin mathsize 14px style Na subscript 2 O end style = dinatrium monoksida sama dengan begin mathsize 14px style AICI subscript 3 end style, seharusnya nama yang benar adalah natrium oksida. 

Penamaan begin mathsize 14px style Fe subscript 2 O subscript 3 end style = besi (II) trioksida juga salah karena selain menggunakan awalan tri biloks besi pada senyawa ini adalah +3, sehingga penamaan yang benar adalah besi (III) oksida. 

Penamaan begin mathsize 14px style Cu open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 end style = tembaga (II) nitrat juga benar, karena biloks tembaga disini adalah +2, tembaga bisa saja memiliki biloks +1 sehingga harus disebutkan, dan nama anion sudah sesuai.

Jadi, jawaban yang benar adalah A dan E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved