Iklan

Iklan

Pertanyaan

Nama Nh. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. la hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia rnemenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ...

Nama Nh. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. la hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia rnemenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.
 

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ...

  1. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.

  2. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama sejak kecil.

  3. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun.

  4. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Keistimewaan yang dimiliki oleh seorang tokoh dalam teks biografi adalah prestasi atau karunia yang dimiliki olehnya dan sangat sulit untuk dimiliki oleh orang lain. Keistimewaan Nh. Dini yang sulit untuk dicontoh adalah bakat menulisnya yang sudah ada sejak usianya masih 9 tahun.

Keistimewaan yang dimiliki oleh seorang tokoh dalam teks biografi adalah prestasi atau karunia yang dimiliki olehnya dan sangat sulit untuk dimiliki oleh orang lain. Keistimewaan Nh. Dini yang sulit untuk dicontoh adalah bakat menulisnya yang sudah ada sejak usianya masih 9 tahun. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

81

ni nyoman damapatni natania praja

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Saat berusia 40 tahun, ia berganti na...

106

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia