Roboguru

Nama-nama pegunungan: (1) Pegunungan Ural (2) Pegunungan Himalaya (3) Pegunungan Alpen (4) Pegunungan Rocky (5) Pegunungan Andes Pegunungan yang terbentuk sebagai bukti pergerakan lempeng Benua Amerika dengan lempeng dasar Samudera Pasifik terdapat pada angka ....

Pertanyaan

Nama-nama pegunungan:

(1) Pegunungan Ural

(2) Pegunungan Himalaya

(3) Pegunungan Alpen

(4) Pegunungan Rocky
(5) Pegunungan Andes
Pegunungan yang terbentuk sebagai bukti pergerakan lempeng Benua Amerika dengan lempeng dasar Samudera Pasifik terdapat pada angka ....

  1. (4) dan (5)

  2. (4) dan (3)

  3. (3) dan (2)

  4. (2) dan (1)

  5. (1) dan (5)

Pembahasan Soal:

Pergerakan lempeng disebut dengan zona subduksi sebagai hasil dari pergerakan konvergen. Pegunungan Ural dan Alpen terjadi karena tumbukan kerak benua. Sedangkan poegunungan Himalaya terbentuk akibat tumbukan antara kerak kontinental dengan kerak samudera. Maka pegunungan yang terbentuk akibat pergerakan lempeng Benua Amerika dan lempeng dasar Samudra Pasific adalah pegunungan Rocky dan Andes.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Julaika

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerak tektonik yang banyak memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan adalah ....

Pembahasan Soal:

Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan letak muka bumi  secara mendatar atau vertikal, baik yang mengakibatkan putusnya hubungan batuan maupun tidak. Tektonisme akan mengubah bentuk muka bumi. Tektonisme dibagi menjadi orogenetik dan epirogenetik. Orogenetik berlangsung relatif cepat dan meliputi wilayah yang sempit. Sementara itu, epirogenetik berlangsung lama dan meliputi wilayah yang luas. Gerak orogenetik lebih sering terjadi di berbagai belahan dunia. Gerak ini menghasilkan berbagai bentuk ketampakan, seperti patahan, lipatan, dan kompleks pegunungan. Gerakan ini berdampak besar bagi kehidupan manusia, karena selain menimbulkan berbagai bencana (gempa bumi dan tsunami) juga dapat memberikan beragam manfaat bagi kehidupan. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan E.

0

Roboguru

Jelaskan proses pembentukan lipatan dan patahan pada gerakan Orogenesa

Pembahasan Soal:

Gerak Orogenesa adalah gerakan yang terjadi di permukaan bumi dan terjadi dalam jangka waktu yang relatif singkat. Umumnya, orogenesa juga terjadi dalam wilayah yang sempit dan dipengaruhi oleh faktor kompresi dan pelipatan.

  1. Lipatan terjadi ketika dua lempeng kerak bumi yang saling berhadapan bertabrakan. Lapisan batuan pada kerak bumi mendapat tekanan hebat yang menyebabkan pelipatan lapisan batuan. Proses pelipatan lapisan batuan ini merupakan awal pembentukan pegunungan lipatan. Terlipatnya lapisan batuan ini dapat mendorong terbentuknya perbukitan (antiklinal) dan lembah (sinklinal).
  2. Patahan terjadi ketika tekanan dalam bumi bekerja pada lapisan batuan yang tidak elastis atau keras, yang mengakibatkan kerak Bumi menjadi retak kemudian patah. Di patahan ini ada bagian yang turun dan disebut graben (slenk). Lapisan tanah yang terangkat disebut dengan horst yang menghasilkan kenampakan sebuah plato (dataran tinggi).

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan gerak orogenesa?

Pembahasan Soal:

Orogenesa merupakan suatu pergerakan yang disebabkan oleh tenaga tektonik. Pergerakan ini memiliki sifat tenaga yang cepat dan meliputi wilayah yang kecil atau sempit. Dampak dari pergerakan orogenesa, seperti terbentuknya gunung, lipatan dan patahan lempeng.  

0

Roboguru

Gempa yang disebabkan pergerakan gerak orogenesis ...

Pembahasan Soal:

Ada 3 jenis gempa yang terjadi berdasarkan penyebabnya, yaitu:

  • Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena adanya gerakan lempeng di litosfer oleh tenaga tektonik. Gerakan tersebut dapat berupa gerak orogenesa maupun gerak epirogenesa yang akan menghasilkan getaran yang kemudian terasa sampai ke permukaan bumi. 
  • Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung api. Karena aktivitas penyebabnya terbatas, gempa ini hanya bisa terasa di sekitar gunung api ketika sudah menjelang letusan, pada saat letusan, dan setelah beberapa saat gempa itu terjadi.
  • Gempa runtuhan juga dikenal dengan sebutan gempa longsoran. Gempa ini terjadi karena adanya daerah kosong yang runtuh di bawah lahan. Getaran yang diakibatkan oleh gempa runtuhan hanya bisa dirasakan di sekitar daerah yang runtuh. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Proses yang termasuk gerak orogenetik adalah....

Pembahasan Soal:

Gerakan Orogenetik merupakan gerakan kulit bumi yang lebih cepat dan mencakup wilayah yang lebih sempit proses orogenitk yaitu lipatan dan patahan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved