Roboguru

Mycomycota mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ...

Pertanyaan

Mycomycota mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ...space 

  1. bersifat heterotrof space 

  2. berpigmen warna cerah space 

  3. habitatnya di tanah lembap space 

  4. plasmodium merupakan fase reproduksinya space 

  5. perkecambahan spora membentuk sel berflagelaspace 

Pembahasan Soal:

Mycomycota merupakan filum protista mirip jamur. Jamur lendir dapat dijumpai di hutan basah, batang kayu yang membusuk, tanah lembap, sampah basah, dan kayu lapuk. Struktur tubuh vegetatif berbentuk seperti lendir atau plasmodium, yaitu suatu massa protoplasma tanpa dinding yang berinti banyak (multinukleat). Jika lingkungan kering atau kekurangan makanan, jamur tersebut berhenti bergerak dan membentuk tangkai yang ujungnya membentuk struktur reproduksi. Struktur reproduksi ini akan melepaskan sel tunggal dan siklus akan dimulai. Pigmen warna cerah tidak dimiliki oleh mycomycta tapi oleh oomycota.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu B.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 2 jenis protista mirip jamur!

Pembahasan Soal:

Protista mirip jamur terbagi terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah Oomycota dan Myxomycota. Oomycota, atau jamur air, memiliki hifa yang tidak bersekat. Berbeda dengan kingdom Fungi yang memiliki dinding sel kitin, Oomycota memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Seperti namanya, Oomycota banyak ditemukan di perairan tawar dan tempat-tempat lembap. Oomycota bereproduksi secara aseksual dengan membentuk zoospora, dan secara seksual dengan pembentukan gamet. Contoh anggotanya adalah Saproglenia sp.

Myxomycota disebut juga dengan jamur lendir yang tidak bersekat. Disebut demikian karena anggotanya memiliki protoplasma (bagian hidup dari sel) tanpa dinding sel. Myxomycota dapat ditemukan di tempat lembap atau pada batang kayu yang membusuk. Myxomycota bereproduksi secara aseksual dengan membentuk spora, dan secara seksual dengan singami. Contoh anggotanya adalah Physarum polycephalum.

Dengan demikian, 2 contoh protista mirip jamur antara lain Saproglenia sp yang termasuk ke dalam kelompok Oomycota dan Physarum polycephalum yang termasuk ke dalam kelompok Myxomycota.space 

Roboguru

Daur hidup protista mirip jamur yang bergerak amoeboid untuk mengelilingi dan menelan bahan makanan ditemukan pada ...

Pembahasan Soal:

Protista mirip jamur terdiri atas jamur lendir plasmodial (Myxomycota), jamur lendir seluler (Acrasiomycota), dan jamur air (Oomycota). Jamur lendir plasmodial (Myxomycota) bersifat heterotrof dan memiliki tahapan (fase) makan berbentuk massa amoeboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya. Massa amoeboid tersebut dinamakan plasmodium. Plasmodium terdapat pada fase vegetatif. Apabila habitat mulai mengering dan makanan tidak ada, plasmodium Myxomycota berhenti tumbuh dan mengalami diferensiasi untuk memasuki tahap reproduksi seksual.

Roboguru

Reproduksi seksual pada Myxomycotina sp. dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Myxomycota merupakan jamur yang memiliki tubuh tidak bersekat, ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak. Struktur tubuh vegetatifnya berbentuk seperti lendir yang disebut plasmodium dan mengandung banyak sekali inti. Reproduksi myxomycota dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif. Pada reproduksi secara generatif, akan melibatkan peleburan sel gamet dengan cara singami yaitu peleburan dua gamet dengan ukuran yang sama dan tidak dapat dibedakan antara sel jantan dan betina yang akan menghasilkan zigot. Sedangkan, pada reproduksi secara vegetatif dilakukan dengan spora yang nantinya akan membentuk sel gamet.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E.space

Roboguru

Mengapa jamur lendir digolongkan ke dalam Protista? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Jamur lendir dikelompokkan ke dalam Protista karena pada fase vegetatifnya memiliki tahapan (fase) makan berbentuk massa amoeboid (seperti Amoeba) dalam siklus hidupnya dan bersifat heterotrof fagosit. Massa amoeboid tersebut dinamakan plasmodium. Namun, plasmodium yang dimaksud berbeda dengan plasmodium penyebab malaria. Plasmodium jamur lendir merupakan massa tunggal sitoplasma yang tidak terbagi oleh membran (tidak bersekat) sehingga mengandung banyak nukleus dan dapat tumbuh hingga beberapa sentimeter. Selain itu, jamur lendir memiliki nukleus yang bersifat diploid, sedangkan jamur yang sesungguhnya memiliki nukleus yang bersifat haploid. Hal tersebut diperkuat dengan analisis filogenetik yang dilakukan oleh Baldauf yang menemukan adanya urutan gen yang berbeda pada kelompok jamur lendir sehingga kelompok tersebut tidak dapat diklasifikasikan sebagai jamur melainkan sebagai protista mirip jamur. space

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Organisme tersebut termasuk ke dalam kelompok ....

Pembahasan Soal:

Gambar organisme pada soal adalah Physarum polycephalum yang hidup pada batang tumbuhan yang lembab. Physarum polycephalum termasuk ke dalam kelompok jamur lendir (Myxomycota). Ciri-ciri anggota Myxomycota yaitu memiliki protoplasma tanpa dinding sel, tubuh vegetatif berbentuk seperti lendir, habitat di hutan basah/kayu busuk/sampah busuk, dapat melakukan reproduksi vegetatif (plasmodium) dan generatif (singami). Fase vegetatif pada jamur lendir bergerak seperi Amoeba.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa organisme pada gambar soal termasuk ke dalam kelompok Myxomycota (jamur lendir tidak bersekat).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved