Iklan

Iklan

Pertanyaan

Munculnya gejala sosial dapat dipengaruhi oleh faktor kultural, yaitu nilai serta budaya yang ada dalam masyarakat. Berikut yang merupakan gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor kultural adalah ....

Munculnya gejala sosial dapat dipengaruhi oleh faktor kultural, yaitu nilai serta budaya yang ada dalam masyarakat. Berikut yang merupakan gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor kultural adalah ....space space 

  1. kegiatan silahturahmi dan sungkem saat perayaan hari besar agamaspace space 

  2. kesenjangan ekonomi antara masyarakat kota dan desaspace space 

  3. pembentukan norma baru akibat adanya penyimpanganspace space 

  4. kebebasan beragama sebagai cerminan diferensiasi agamaspace space 

  5. peningkatan kasus bunuh diri akibat tekanan ekonomispace space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah C.

jawaban yang tepat ialah C. space space space space space space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin yang ditanyakan adalah contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor kultural. Gejala sosial adalahfenomena yang menandai (symptom) munculnya permasalahan sosial di masyarakat. gejala sosial ini dapat di pengaruhi oleh perilaku dan juga interaksi antar masyaraka. Selain itu gejala sosial juga memiliki beberapa faktor salah satunya adalah faktor kultural yaitu nilai-nilai yang tumbuh dan juga berkembang di dalam lingkungan masyarakat atau komunitas sosial bisa berupa sikap atau budaya yang ada. yang mana pada nilai-nilai yang berkembang ini akan mempengaruhi pola fikir dan perilaku masyarakat yang mempengaruhi lingkungan sosialnya. Jika dianalisis faktor kultural meliputi dari gotong royong, kerja bakti masyarakat, kemiskinan dan perilaku menyimpang. Kultur dalam masyarakat akan memunculkan gejala sosial yang berbeda-beda dalam tiap masyarakat.Salah satunya adalah perilaku menyimpag , karena perilaku menyimpang akan mempengaruhi pada fungsi nilai dan norma masyarakat yang kemudian terjadilah pembentukan norma baru akibat adanya penyimpangan untuk mengembalikan fungsi nilai dan norma dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis. Namun jika dalampembentukan norma baru yang tidak sesuai atau bertentangan dengan norma-norma yang ada di masyarakat akan menimbulkan masalah ataupun penyimpangan. Jadi, jawaban yang tepat ialah C.

Poin yang ditanyakan adalah contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor kultural.

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai (symptom) munculnya permasalahan sosial di masyarakat.  gejala sosial ini dapat di pengaruhi oleh perilaku dan juga interaksi antar masyaraka. Selain itu gejala sosial juga memiliki beberapa faktor salah satunya adalah faktor kultural yaitu nilai-nilai yang tumbuh dan juga berkembang di dalam lingkungan masyarakat  atau komunitas sosial bisa berupa sikap atau budaya yang ada. yang mana pada nilai-nilai yang berkembang ini akan mempengaruhi pola fikir dan perilaku masyarakat yang mempengaruhi lingkungan sosialnya. 

Jika dianalisis faktor kultural meliputi dari gotong royong, kerja bakti masyarakat, kemiskinan dan perilaku menyimpang. Kultur dalam masyarakat akan memunculkan gejala sosial yang berbeda-beda dalam tiap masyarakat. Salah satunya adalah perilaku menyimpag , karena perilaku menyimpang akan mempengaruhi pada fungsi nilai dan norma masyarakat yang kemudian terjadilah pembentukan norma baru akibat adanya penyimpangan untuk mengembalikan fungsi nilai dan norma dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis. Namun jika dalam pembentukan norma baru yang tidak sesuai  atau bertentangan dengan norma-norma yang ada di masyarakat akan menimbulkan masalah ataupun penyimpangan.

Jadi, jawaban yang tepat ialah C. space space space space space space space 

Latihan Bab

Realitas Sosial sebagai Objek Kajian

Kehidupan Sosial sebagai Objektivitas

Gejala Sosial

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

486

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud dengan faktor struktural penyebab gejala sosial ?

85

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia