Roboguru

Pertanyaan

Modernisasi memiliki dampak pada terciptanya tatanan baru dalam masyarakat. Tidak hanya dampak positif, namun ada dampak negatif dari sebuah perubahan seperti perubahan tingkah laku, budaya konsumtif yang semakin besar, munculnya konflik sosial vertikal maupun horizontal. Namun, dengan pendidikan, kita bisa mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi modernisasi, terutama dalam mengantisipasi dampak negatifnya. Arti penting pendidikan dalam menghadapi modernisasi adalah ....undefined 

  1. keberadaan pendidikan dengan kurikulum yang baik menjadi bekal bagi masyarakat dalam menghadapi perubahanundefined 

  2. sekolah sebagai lembaga formal sudah pasti mampu membentuk pola pikir yang kritis sehingga membuat sebagian individu menjadi pembangkangundefined 

  3. sekolah menjadi satu-satunya lembaga yang bisa menghilangkan dampak negatif perubahanundefined 

  4. sekolah menjadi tempat berinteraksi masyarakat luasundefined 

  5. keberadaan sekolah berpengaruh pada teknologi yang bermanfaat bagi masyarakatundefined 

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Pembahasan

Ciri masyarakat adalah dinamis. Kedinamisannya menuntut terus berkembangnya peradaban. Untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi dampak modernisasi, maka kurikulum harus elastis dan fleksibel mengikuti perkembangan zaman. Disamping itu, peran pendidikan dalam perubahan sosial masyarakat Indonesia antara lain:

  1. Berpikir kritis dan inovatif, pendidikan mengajarkan manusia untuk dapat berpikir secara objektif, rasional, dan melihat ke masa depan dengan berusaha menciptakan kehidupan yang lebih maju.
  2. Mendorong sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju. Sikap positif masyarakat terhadap berbagai hasil karya anggota masyarakatnya merupakan indikasi bahwa masyarakat tersebut ingin maju lewat penghargaan, pemberian tanda jasa, penghargaan kenaikan jabatan dan sebagainya. Hal ini mendorong masyarakat untuk terus berprestasi lewat karya-karya baru mereka sehingga membawa perubahan dalam masyarakatnya.
  3. Pemahaman atas keberadaan masyarakat yang heterogen, dengan kata lain pendidikan merupakan proses pengembangan kemampuan dalam rangka memengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya.
  4. Berorientasi ke masa depan sehingga masyarakat yang mampu berfikir ke arah masa depan (memiliki visi, misi dan tujuan hidup yang jelas) akan terdorong untuk mewujudkan cita-cita masa depannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

117

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Modernisasi memiliki dampak pada terciptanya tatanan baru dalam masyarakat. Tidak hanya dampak positif, namun ada dampak negatif dari sebuah perubahan seperti perubahan tingkah laku, budaya konsumtif ...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia