Roboguru

Model pertumbuhan yang berkembang karena potensi yang dimiliki oleh daerah itu sendiri disebut . . . .

Pertanyaan

Model pertumbuhan yang berkembang karena potensi yang dimiliki oleh daerah itu sendiri disebut . . . .

  1. Christaller models

  2. potential models

  3. threshold models

  4. growth pole models

  5. graph models

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pusat pertumbuhan (growth pole models) merupakan suatu wilayah atau kawasan yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat jika dibandingkan dengan wilayah lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain di sekitarnya. Pusat pertumbuhan ini biasanya dialami oleh wilayah yang memiliki potensi yang lebih dibanding wilayah-wilayah sekitarnya, contohnya Pulau Bali dengan potensi pariwisatanya, Pulau Jawa yang berkembang karena sistem prasarana yang baik sehingga mendukung potensi untuk sektor industri.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan antara Teori Tempat Sentral dengan Teori Kutub Pertumbuhan adalah.... ...

Pembahasan Soal:

  • Teori Tempat Sentral adalah teori yang menjelaskan hubungan kota sebagai pusat pertumbuhan dengan pemukiman kecil di sekitarnya. Tempat sentral adalah lokasi strategis yang dapat melayani kebutuhan masyarakat. Dalam teori ini terdapat konsep yang disebut jangkauan (range) dan ambang (threshold). Jangkauan adalah jarak yang perlu ditempuh untuk mendapatkan barang kebutuhannya pada suatu waktu tertentu saja. Sedangkan ambang adalah jumlah minimal penduduk yang diperlukan untuk kelancaran dan keseimbangan supply barang. Teori ini juga menyebutkan kondisi fisik suatu wilayah dan tingkat kesuburan tanah seragam, dan tingkat hidup penduduknya seragam. Maka akan tumbuh pusat pelayanan (pusat pertumbuhan) yang berjarak sama. Jika dituangkan dalam pola keruangan, terlihat seperti segi enam (heksagon)
  • Teori Kutub pertumbuhan adalah teori yang menyatakan bahwa pembangunan sebuah kota atau wilayah merupakan hasil proses dan tidak terjadi secara serentak, melainkan muncul di tempat-tempat tertentu dengan kecepatan dan intensitas yang berbeda. Tempat atau lokasi yang menjadi pusat pembangunan atau pengembangan dinamakan kutub pertumbuhan. Dari kutub-kutub tersebut selanjutnya proses pembangunan akan menyebar ke wilayah-wilayah lain di sekitarnya atau ke pusat-pusat yang lebih rendah. Teori ini juga menyatakan bahwa wilayah tidak dibatasi oleh garis lurus tetapi garis lengkung. Dalam teori ini dikenal istilah yang berkaitan dengan timbulnya dampak positif atau dampak negatif dari interaksi kutub pertumbuhan dengan daerah disekitarnya. Dampak positif dari kemajuan pembangunan dari pusat pembangunan disebut dengan trickle down effect. Dampak negatif yang dirasakan oleh wilayah pinggirannya disebut dengan backwash polarization.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Perkembangan setiap daerah mampu memenuhi kebutuhan, interaksi antarwilayah meluas, dan kesenjangan ekonomi antarderah berkurang. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri perkembangan kutub pertumbuhan...

Pembahasan Soal:

Terdapat empat tahap perkembangan kutub pertumbuhan yaitu tahap pra-industri, industrial, transisi, dan post-industrial. Masing – masing tahap memiliki ciri tersendiri. Adapun tahap post-industrial dicirikan dengan kemampuan sebuah wilayah dalam memenuhi kebutuhan, terbentuknya interaksi antarwilayah dan kesejahteraan antardaerah yang terus meningkat secara seimbang.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa tahap yang dimaksud pada soal diatas adalah tahap post-industrial pada teori kutub pertumbuhan. 

Roboguru

Arah pembangunan wilayah sesuai ilustrasi gambar adalah dari pusat kegiatan menuju ....

Pembahasan Soal:

Untuk mengerjakan soal seperti ini perlu menggunakan logika faktual. Dalam mengembangkan suatu wilayah tentu terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan.Suatu wilayah biasanya mengalami perkembangan menuju ke wilayah yang memiliki tingkat perekonomian dan ketersediaan pasar yang tinggi. Dalam soal, pembangunan wilayah akan berkembang ke arah perkebunan teh yang terdapat banyak tenaga kerja. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan banyak didirikannya pemukiman, kos-kosan, pasar, supermarket, tempat hiburan, terminal, dan lain sebagainya. 

Roboguru

Pengembangan wilayah perkantoran yang paling pesat ke arah ....

Pembahasan Soal:

Ilustrasi pada soal gambar sudah menjelaskan arah dominan pengembangan wilayah perkantoran cocok didaerah gunung, alasannya karena tumbuh sebagai kawasan wisata.

Roboguru

Kutub pertumbuhan adalah area urban tempat berkumpulnya industri yang memiliki peran dalam perkembangan ekonomi di wilayah-wilayah yang dipengaruhinya. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....

Pembahasan Soal:

Boudeville merupakan seorang ekonom asal Perancis yang berpendapat bahwa kutub pertumbuhan adalah area urban tempat berkumpulnya industri yang memiliki peran dalam perkembangan ekonomi di wilayah-wilayah yang dipengaruhinya. Pendapat yang diberikan oleh Boudeville ini memberikan aspek spasial terhadap teori kutub pertumbuhan yang dicetuskan oleh Perroux sebelumnya.space 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved