Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mobilitas sosial dapat menimbulkan konflik status dalam diri individu akibat adanya faktor ...

Mobilitas sosial dapat menimbulkan konflik status dalam diri individu akibat adanya faktor ...

  1. ketimpangan antara hak dan kewajiban

  2. kesulitan membedakan benar dan salah

  3. status ganda yang dimiliki

  4. kesenjangan sosial

  5. sifat egois

Iklan

M. Rahmi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Konflik status adalah pertentangan yang terjadi dalam diri seseorang sebagai akibat kedudukan (status) yang dimilikinya. Konflik status dalam diri individu berkaitan dengan kepemilikan status yang lebih dari satu ( status ganda ). Pada proses ini, individu akan dihadapkan pada dua pilihan (kedudukan) dan salah satu kedudukan akan dikorbankan atau terpinggirkan. Konflik status karena status ganda yang dimiliki dapat terjadi karena adanya mobilitas sosial. Melalui mobilitas sosial, seseorang mengalami perpindahan status sosial, baik secara vertikal maupun horizontal. Meskipun mengalami perpindahan status sosial, seseorang juga akan kesulitan melepaskan status sosialnya yang lain sehingga akan mengalami status ganda. Misalnya, ketika seorang guru diangkat dan diberikan tugas menjadi wakil kepala sekolah dia tidak akan dapat melepaskan status sebelumnya sebagai seorang guru. Oleh karena itu, dia akan akan mengalami konflik status karena status ganda yang dimilikinya. Konflik status tersebut muncul karena dirinya mengalami mobilitas sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Konflik status adalah pertentangan yang terjadi dalam diri seseorang sebagai akibat kedudukan (status) yang dimilikinya. Konflik status dalam diri individu berkaitan dengan kepemilikan status yang lebih dari satu (status ganda). Pada proses ini, individu akan dihadapkan pada dua pilihan (kedudukan) dan salah satu kedudukan akan dikorbankan atau terpinggirkan. Konflik status karena status ganda yang dimiliki dapat terjadi karena adanya mobilitas sosial. Melalui mobilitas sosial, seseorang mengalami perpindahan status sosial, baik secara vertikal maupun horizontal.
Meskipun mengalami perpindahan status sosial, seseorang juga akan kesulitan melepaskan status sosialnya yang lain sehingga akan mengalami status ganda. Misalnya, ketika seorang guru diangkat dan diberikan tugas menjadi wakil kepala sekolah dia tidak akan dapat melepaskan status sebelumnya sebagai seorang guru. Oleh karena itu, dia akan akan mengalami konflik status karena status ganda yang dimilikinya. Konflik status tersebut muncul karena dirinya mengalami mobilitas sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

36

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sari mengalami masalah ketika liburan sekolah anaknya tiba. Sebagai seorang ibu, dia harus mengambil cuti dari pekerjaan untuk mengajak anaknya pergi berlibur. Namun sebagai pekerja di perusahaan, Sar...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia