Roboguru

Meskipun wilayah negara Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata. Mayoritas penduduknya cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan. Daerah pantai Australia sebelah utara memiliki iklim tropis yang sangat kering, sementara daerah pedalaman dan daerah pantai barat Australia terlalu gersang. Berdasarkan ilustrasi di atas, wilayah Australia dengan kepadatan penduduk terbesar berada di ....

Pertanyaan

Meskipun wilayah negara Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata. Mayoritas penduduknya cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan. Daerah pantai Australia sebelah utara memiliki iklim tropis yang sangat kering, sementara daerah pedalaman dan daerah pantai barat Australia terlalu gersang.

Berdasarkan ilustrasi di atas, wilayah Australia dengan kepadatan penduduk terbesar berada di ....  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi pada pertanyaan di atas, maka kepadatan penduduk terbesar di wilayah Australia berada di New South Wales. New South Wales beribukota Sidney yang memiliki banyak daya tarik wisata menarik dan potensi perekonomian yang besar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dua bangsa yang dapat digolongkan sebagai orang Kelt !

Pembahasan Soal:

Bangsa Kelt adalah suku bangsa India-Eropa yang terdiri atas beragam suku yang menghuni Eropa pada Zaman Besi dan masa Romawi. Peperangan antar suku adalah hal yang biasa dalam masyarakat Kelt, dan suku-suku Kelt menggunakan perang secara cara untuk memperoleh kendali politik serta mengganggu saingan, untuk keuntungan ekonomi, dan untuk menaklukan wilayah. Bangsa yang termasuk ke dalam orang Kelt diantaranya Skotlandia, Irlandia, dan Wales.

0

Roboguru

Sebagian besar penduduk yang mendiami kawasan Timur Tengah adalah orang-orang dari ras ….

Pembahasan Soal:

Sebagian besar orang yang berasal dari wilayah Timur Tengah memiliki kulit berwarna putih, warna iris mata variatif (biru, hijau, dan abu-abu), hidung mancung, rambut lurus hingga bergelombang, rambut tubuh yang cukup lebat, dan tekstur bibir yang tipis. Penduduk ini termasuk dalam tipe ras Kaukasoid Mediterania yang persebarannya banyak ditemukan di sekitar Timur Tengah dan Laut Tengah. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Suku Ainu merupakan salah satu kelompok penduduk dunia yang tidak bisa dikategorikan ke ras mana pun. Orang Ainu ini ditemukan di wilayah ….

Pembahasan Soal:

Suku Ainu merupakan salah satu kelompok yang tidak tergolong dalam ketiga ras utama (Mongoloid, Negroid, dan Kaukasoid). Kelompok-kelompok khusus ini biasa disebut dengan ras khusus. Suku ini ditemukan di daerah Hokkaido dan Kepulauan Kuril (Jepang) serta Pulau Sakhalin (Rusia). Orang-orang Ainu memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang Jepang lainnya. Suku Ainu digambarkan memiliki bentuk mata, alis mata, dan muka yang mirip dengan orang Eropa, bahkan pada beberapa orang memiliki iris mata berwarna biru. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

 

0

Roboguru

Indonesia sempat dijajah dalam waktu yang sangat panjang oleh salah satu negara yang terletak di Benua Eropa. Negara tersebut termasuk bagian dari kawasan Eropa bagian....

Pembahasan Soal:

Indonesia sempat dijajah dalam waktu yang sangat panjang oleh salah satu negara yang terletak di Benua Eropa, yaitu negara Belanda. Negara tersebut termasuk bagian dari kawasan Eropa bagian barat. Belanda secara geografis merupakan negara berpermukaan rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut.  Belanda  berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Dinamika penduduk di negara-negara Benua Asia sangat tidak merata. Jumlah dan kepadatan tertinggi di negara tertentu di Benua Asia bagian ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan data World Population Data Sheet (WPDS), pada tahun 2005 sampai tahun 2015 penduduk Asia bertambah sebesar 476 juta jiwa dalam kurun waktu 10 tahun. Penduduk Asia tersebar tidak merata. Beberapa negara di Asia merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, seperti China, India, dan Indonesia. Wilayah dengan jumlah dan kepadatan penduduk tinggi :

  1. Asia Timur
  2. Asia Tenggara
  3. Asia Selatan

Sedangkan pada wilayah Asia Tengah jumlah penduduknya cenderung sedikit.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved