Roboguru

Mesir memberikan pengakuan resmi kemerdekaan negara Indonesia pada tanggal ....

Pertanyaan

Mesir memberikan pengakuan resmi kemerdekaan negara Indonesia pada tanggal ....

  1. 17 Agustus 1945

  2. 9 September 1945

  3. 7 Desember 1946

  4. 22 Maret 1946

  5. 9 September 1946

Pembahasan Soal:

Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Mesir pertama kali menyampaikan dukungannya terhadap kemerdekaan Indonesia secara de facto pada tanggal 22 Maret 1946 melalui Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Mesir, Kamil Abdurrahim Bey. Secara de jure, Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada 10 Juni 1947. Pengakuan kedaulatan ini berawal dari kuatnya dukungan rakyat Mesir kepada RI.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan Mesir kepada Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pengakuan pertama kali bagi Indonesia didapatkan dari negara Mesir. Pengakuan kedaulatan ini berawal dari kuatnya dukungan rakyat Mesir kepada RI. Berhari-hari, media massa Timur Tengah menampilkan pernyataan dari partai politik dan ormas setempat yang mencela sikap Belanda. Demonstrasi besar-besaran pun digelar oleh pemuda dan mahasiswa di Mesir sehingga Kedutaan Belanda di Kairo merasa terancam keamanannya. Hingga pada akhirnya wakil Mesir datang ke Yogyakarta pada 13-16 Maret 1947 guna menyampaikan pesan dari Liga Arab yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Kuatnya dukungan rakyat Mesir atas kemerdekaan Indonesia akhirnya mendorong Raja Farouq serta pemerintah Mesir mengakui kedaulatan pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. Mesir tercatat sebagai negara pertama yang mengakui proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan demikian, proses pemberian pengakuan kemerdekaan Mesir kepada Indonesia berawal dari demonstrasi besar-besaran oleh pemuda dan mahasiswa di Mesir yang mengecam Belanda, kemudian wakil Mesir datang ke Yogyakarta untuk menyampaikan pesan dari Liga Arab yang mendukung kemerdekaan RI, hingga akhirnya pada 22 Maret 1945 Mesir resmi mengakui kedaulatan RI.

0

Roboguru

Pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia dipicu oleh faktor emosional berupa adanya kesamaan ....

Pembahasan Soal:

Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Secara de facto, Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946. Adapun secara de jure, Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada 10 Juni 1947. Adanya pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia dilandasi oleh faktor emosional berupa adanya kesamaan identitas antara Indonesia dan Mesir sebagai negara dengan mayoritas berpenduduk muslim. Dukungan tidak saja ditunjukkan oleh otoritas Mesir namun juga datang dari masyarakat dan organisasi Islam berpengaruh di Mesir seperti Ikhwanul Muslimin. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan arti penting Singapura, New Delhi (India). dan Kairo (Mesir) dalam posisi hubungan luar negeri Indonesia dalam periode 1945-1947!

Pembahasan Soal:

Singapura, New Delhi (India) dan Kairo (Mesir) memiliki peran penting dalam hubungan luar negeri Indonesia periode 1945-1947, antara lain:

  1. Mesir
    Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Mesir yaitu Kamil Abdurahim Bay menyampaikan dukungan kepada Indonesia secara de facto pada tanggal 22 Maret 1946. Mesir sangat berperan dalam meyakinkan Negara – Negara dalam LIga Arab untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 10 Juni 1947 adanya perjanjian persahabatan antara Indonesia dan Mesir. DIkirimkan delegasi Indonesia untuk pergi ke Mesir untuk menjalankan misi diplomasi ini. Setelah itu, pemerintah Mesir mengakui kedaulatan Indonesia secara de jure setelahi tandatangani nya perjanjian tersebut.space space
  2. India 
    India menjadi salah satu Negara yang menyuarakan dukungan mereka terhadap kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1946, Indonesia melakukan diplomasi beras dengan India. Indonesia mengirim bantuan sebesar 500.000 ton beras kepada India yang saat itu sedang mengalami krisis pangan. Karena dengan peran Indonesia kepada India, India menjadi salah satu negara di Asia yang terus gencar menyuarakan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. India memprakarsai diadakannya Konferensi Inter-Asia atau Konferensi New Delhi pada 20-25 Januari 1949 di mana Indonesia juga menjadi salah satu tamu dalam konferensi tersebut.undefined
  3. Singapura
    Pada November 1945 Belanda mem-blokade perekonomian Indonesia. Hingga pada akhirnya berdampak kepada kondisi kas Negara Indonesia yang kosong. Sejak awal tahun 1947, Pemerintah RI membentuk perwakilan resmi di Singapura yang diberi nama Indonesia Office (Indoff). Secara resmi Indoff ini merupakan badan yang memperjuangkan kepentingan politik di luar negeri, namun secara rahasia juga berusaha menembus blokade dan usaha perdagangan barter. Hal ini tentu saja sangat membantu mengembalikan kondisi perekonomia Indonesia.undefined

Jadi kesimpulannya, tiga negara ini masing - masing memiliki arti penting bagi Indonesia. Untuk Mesir dan India merupakan dua negara pertama yang mengakui dan mendukung Kemerdekaan Indonesia. Singapura adalah negara yang ikut membantu Indonesia dalam bidang perekonomian.

0

Roboguru

Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Salah satu dukungan tersebut datang dari organisasi Islam yaitu Ikhwanul Muslimin (IM). Salah satu bukti dukungan Ikhwanul Muslimin ...

Pembahasan Soal:

 Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Ikhwanul Muslimin (IM) adalah organisasi Islam yang didirikan Hasan Al-Banna. Bukti dukungan Ikhwanul Muslimin terhadap kemerdekaan Indonesia antara lain menggalang opini umum lewat pemberitaan media yang memberikan kesempatan luas kepada para mahasiswa Indonesia untuk menulis tentang kemerdekaan Indonesia di koran-koran lokal miliknya. Ikhwanul Muslimin juga menggalang massa untuk berbagai acara tabligh akbar dan menggelar demonstrasi guna mendukung kemerdekaan Indonesia. Demonstrasi tersebut dilakukan para mahasiswa di Mesir dan kepanduan Ikhwan berkali-kali terhadap Kedutaan Belanda di Kairo. Para demonstran tersebut melakukan aksi pembakaran, pelemparan batu, dan teriakan-teriakan permusuhan selain menunjukkan slogan dan spanduk terhadap Belanda. Kondisi ini membuat Kedutaan Belanda di Kairo kewalahan, sehingga  Belanda segera mencopot lambang negaranya dari dinding kedutaan serta menurunkan bendera merah-putih-biru dari puncak gedung, agar tidak mudah dikenali pada demonstran.

0

Roboguru

Pada tanggal 9 Agustus 1947 masyarakat Mesir melakukan salah satu upaya dalam mendukung kemerdekaan Indonesia, yaitu dengan ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 9 Agustus 1947 masyarakat Mesir yang dipelopori oleh ribuan buruh dan aktivis Ikhwanul Muslimin melakukan boikot dan penghadangan terhadap kapal Belanda yang bernama Volendam yang sedang berlabuh di Port Said tidak jauh dari Terusan Suez. Mereka memboikot pemberian logistik pada kapal tersebut dan juga dengan menggunakan boat-boat kecil masyarakat Mesir mengibarkan bendera Merah Putih.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved