Roboguru

Menyajikan masalah demografi dapat melalui peta. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Pertanyaan

Menyajikan masalah demografi dapat melalui peta. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Fungsi utama penyajian data melalui peta ialah dapat menginformasikan data secara keruangan. Melalui peta, data mengenai suatu permasalahan geografi dapat terlihat pola persebarannya sehingga dapat dianalisis penyebab dan keterkaitan antar ruang. Data geografi yang sering disajikan dalam peta misalnya: peta persebaran penduduk, peta persebaran tambang di suatu daerah, peta persebaran jumlah pekerja di suatu bidang, dll.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis peta yang diperlukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada penelitian penyebab kemarau panjang di wilayah Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Kemarau di Indonesia terjadi sekitar bulan April hingga Oktober. Saat kemarau panjang, waktu terjadinya kemarau dapat lebih lama dari bulan-bulan normal. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kemarau panjang di Indonesia, salah satunya adalah fenomena El Nino. Saat terjadi El Nino, curah hujan di Indonesia menjadi berkurang, hal ini memicu terjadinya kemarau panjang di Indonesia. Jadi data tentang curah hujan dapat dijadikan sebagai patokan utama untuk meneliti cuaca, termasuk saat terjadi kemarau panjang. Selain itu, data lain yang merupakan indikator penting adalah kelembapan udara. Kelembapan udara berkaitan dengan curah hujan dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk meneliti tingkat kekeringan. Suhu udara juga berkaitan erat dengan kemarau panjang. Kondisi cuaca yang kering saat kemarau panjang dapat dengan mudah diamati dengan melihat kondisi suhu udara yang tinggi dan kelembapan udara yang rendah. Jadi jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Berdasarkan isinya, peta dunia termasuk jenis peta....

Pembahasan Soal:

Informasi yang disajikan dalam peta dunia biasanya adalah kenampakan permukaan bumi di dunia secara umum. Oleh sebab itu, peta dunia dapat dikategorikan termasuk ke dalam jenis peta umum. Jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan jenis peta berikut: Peta topografi Peta batas lempeng tektonik Peta persebaran gunung api lnformasi keruangan yang dapat kita peroleh dari penggabungan jenis peta tersebut adalah ......

Pembahasan Soal:

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta memiliki fungsi diantaranya sebagai media infromasi mengenai fenomena atau aktivitas keruangan. Untuk dapat memperoleh informasi diperlukan beberapa peta yang berbeda kemudian dilakukan penggabungan peta hasilnya adalah peta khusus sesuai dengan kebutuhan. Pada soal peta topografi, peta batas lempeng tektonik, dan peta persebaran gunung api akan dihasilkan peta yang berhubungan dengan gerakan lempeng bumi dan topografi bumi.

Berdasarkan penjelasan diatas maka informasi keruangan yang dihasilkan dari penggabungan ketiga peta tersebut adalah informasi daerah rawan gempa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Peta tematik yang berisi informasi tentang pengelompokan rata-rata jumlah hujan tahunan disebut peta ….

Pembahasan Soal:

Peta curah hujan merupakan salah satu bentuk peta tematik yang memuat informasi mengenai rata-rata curah hujan dalam sebuah lingkup wilayah tertentu.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Jenis-jenis peta: (1) Peta Persebaran Gunung Api; (2) Peta Daerah Batas Lempeng; (3) Peta Jalur Siesmik. Informasi yang diperoleh dari peta di atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Peta persebaran gunung api, batas lempeng, dan jalur seismik dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan gempa. Hal ini diketahui karena gempa bumi disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, seperti aktivitas gunung api dapat menyebabkan gempa bumi vulkanik dan gerakan pada lempeng yang dapat menyebabkan gempa bumi tektonik. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved