Roboguru

Pertanyaan

Menurutmu apakah masalah pengangguran merupakan masalah penting di Indonesia? Bagaimana pemerintah mengatasi pengangguran tersebut? space space 

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pengangguran juga sangat erat kaitannya dengan permasalahan ekonomi. Banyaknya pengangguran dapat menimbulkan naiknya tingkat kemiskinan. Untuk itu, sangat dibutuhkan cara mengatasi pengangguran agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Diperlukan peran aktif dan aksi dari pemerintah dalam cara mengatasi pengangguran ini.

Cara pemerintah mengatasi pengangguran:

Menyelenggarakan Bursa Tenaga Kerja

Cara mengatasi pengangguran yang pertama, yaitu menyelenggarakan bursa tenaga kerja atau job fair.

Bursa tenaga kerja ini merupakan tempat yang mempertemukan antara pemberi kerja dengan pencari kerja. Dengan melakukan cara ini, para pencari kerja tidak akan kesulitan lagi dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan potensinya.

Memberikan Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja juga merupakan salah satu cara mengatasi pengangguran yang efektif dilakukan di Indonesia. Banyaknya masyarakat usia produktif merupakan suatu potensi yang baik. Hal ini harus dimanfaatkan dengan pemberian pendidikan yang berkualitas hingga tingkat perguruan tinggi.

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Cara mengatasi pengangguran selanjutnya adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Ketahuilah semakin tinggi mutu pendidikan di Indonesia maka akan membuat negara kita menjadi lebih maju.

Tentu dengan mutu pendidikan yang bagus maka akan membuat sumber daya manusia yang berkualitas bagus. Pendidikan dapat dilakukan untuk menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang potensial dan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini harus diperhatikan pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan

Selanjutnya, seperti yang telah kita singgung sebelumnya, cara mengatasi pengangguran yang juga sangat efektif adalah dengan meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Hal ini juga dapat dilakukan sejak dini, dimulai dari sekolah. Hal tersebut tentunya disebabkan karena apabila setiap orang sudah memiliki sikap kewirausahaan maka tidak perlu bingung apabila lapangan pekerjaannya kurang. space space 

225

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Banyak lulusan dari perguruan tinggi, akan menambah penawaran tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara penawaran tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja akan menimbulkan banyak pengangguran, dampaknya ...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia