Roboguru

Menurut triad Dobereiner, massa atom unsur yang kedua adalah rata-rata dari massa atom unsur yang pertama dengan yang ketiga. Salah satu triad Dobereiner adalah Ca, Sr, Ba. Massa atom Ca = 40 dan Ba = 137. Berapakah massa atom Sr?

Pertanyaan

Menurut triad Dobereiner, massa atom unsur yang kedua adalah rata-rata dari massa atom unsur yang pertama dengan yang ketiga. Salah satu triad Dobereiner adalah Ca, Sr, Ba. Massa atom Ca = 40 dan Ba = 137. Berapakah massa atom Sr?space 

Pembahasan Soal:

Johann Dobereiner mengelompokkan beberapa unsur sebagai kelompok tiga unsur yang dikenal sebagai triad Dobereiner. Tiga unsur dalam satu kelompok ini memiliki sifat-sifat kimia yang sama dan sifat-sifat fisik yang teratur. Menurut triad Dobereiner, massa atom unsur yang kedua adalah rata-rata dari massa atom unsur yang pertama dengan yang ketiga.

Salah satu triad Dobereiner adalah Ca comma space Sr comma space Ba. A subscript italic r space Ca equals 40 comma space space Ba equals 137 spacemaka massa atom Sr  adalah sebagai berikut. 

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell A subscript italic r space Sr end cell equals cell fraction numerator A subscript italic r space Ca and A subscript italic r space Ba over denominator 2 end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator 40 plus 137 over denominator 2 end fraction end cell row blank equals cell 88 comma 5 end cell end table 


Jadi, massa atom Sr adalah 88,5.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved