Roboguru

Menurut sistem nilai-nilai masyarakat, lembaga atau institut dibedakan menjadi ....

Pertanyaan

Menurut sistem nilai-nilai masyarakat, lembaga atau institut dibedakan menjadi ....space space 

  1. primer, sekunder, dan tersierspace space

  2. primer, sekunder, dan subsiderspace space 

  3. primer dan pokokspace space 

  4. primer dan subsiderspace space 

  5. subsider dan pendukungspace space 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah macam-macam lembaga menurut sistem nilai-nilai masyarakat.

Berdasarkan dari sudut sistem nilai-nilai yang diterima masyarakat

  1. Basic institutions, yang merupakan lembaga kemasyarakatan yang sangat penting dalam memelihara serta mempertahankan tata tertib yang ada dalam masyarakat. Di Indonesia yang dianggap sebagai basic institutions yang paling utama yaitu seperti keluarga, sekolah dan negara.
  2. Subsidiary institutions, yang merupakam lembaga sosial yang dianggap kurang penting, contohnya seperti: kegiatan rekreasi. Ukuran dalam mengani suatu lembaga dapat dianggap basic institutions atau subsidiary institutions berbeda dalam setiap masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat ialah A.space space   

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 06 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang tepat menunjukkan basic institution adalah …

Pembahasan Soal:

Basic institution dan subsidiary institution merupakan tipe lembaga sosial berdasarkan sistem nilainya. Basic institution ini merupakan lembaga yang dianggap penting untuk menjaga tata tertib di masyarakat. Kata kuncinya adalah dianggap penting.Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sebutkan ciri-ciri lembaga sosial menurut J.L. Gillin dan J.P. Gillin!

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial merupakan suatu sistem norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun ciri-ciri lembaga sosial menurut J.L. Gillin dan J.P. Gillin di antaranya:

  1. Lembaga sosial merupakan suatu organisasi yang di dalamnya terdapat pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud dalam aktivitas hidup masyarakat yang berupa adat istiadat, tertib perilaku, kebiasaan, serta unsur-unsur kebudayaan yang secara langsung atau tidak langsung tergabung dalam suatu unit yang bersifat fungsional.
  2. Sistem nilai dan sistem norma yang terdapat dalam suatu lembaga sosial bersifat tetap sehingga dianggap perlu dipertahankan.
  3. Lembaga sosial memiliki tujuan-tujuan tertentu yang bersifat khas.
  4. Lembaga sosial memiliki beberapa sarana, media, dan beberapa alat perlengkapan lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Pada umumnya suatu lembaga sosial juga memiliki simbol-simbol tertentu yang melambangkan fungsi dan tujuan dari lembaga sosial yang bersangkutan.
  6. Terdapat kebiasaan-kebiasaan atau tradisi, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yang merupakan landasan bagi suatu lembaga sosial dalam upaya mencapai tujuan sekaligus menjalankan fungsinya.

0

Roboguru

Jika seorang dokter mengoperasi seorang pasien tanpa persetujuan dari keluarga si pasien, dokter itu akan dianggap melakukan pelanggaran kode etik dan tindakan pidana kekerasan dan penganiayaan. Hal i...

Pembahasan Soal:

Proses institutionalization merupakan proses pelembagaan norma yang terdiri dari 2 tahapan, yakni: 

  1. Institusionalisasi artinya proses yang dilewati suatu norma baru untuk menjadi bagian dari lembaga sosial. Institusionalisasi ditandai dengan proses mengenalkan norma baru hingga dikenal, diakui, dihargai, serta ditaati masyarakat. 
  2. Internalisasi artinya proses menanamkan nilai, norma, dan lembaga dalam diri seseorang hingga menjadi bagian dari kepribadiannya/mendarah daging. 

Jadi, norma yang telah diketahui, dimengerti, dan ditaati sehingga dokter dan pihak rumah sakit harus bertindak sesuai norma dan masyarakat dapat menuntut jika terjadi pelanggaran menunjukkan terjadinya proses institutionalization dimana hasil pelembagaan norma menghasilkan lembaga sosial yang benar-benar berlaku dan mampu mengatur setiap perilaku anggota masyarakat. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan (1), (2), (3), dan (4) benar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Kegiatan yang dilakukan oleh keluarga tersebut dapat dikategorikan sebagai ….

Pembahasan Soal:

Subsidiary institution dianggap kurang penting keberadaannya oleh masyarakat, namun bukan berarti ditolak. Biasanya ukuran yang digunakan untuk menentukan penting atau tidaknya suatu lembaga sosial bergantung pada kondisi dan situasi masyarakat yang bersangkutan. Contohnya rekreasi pada lembaga keluarga. Bagi keluarga dengan status ekonomi sejahtera, mungkin rekreasi adalah fasilitas kehidupan yang terjangkau. Tapi bagi mereka yang kurang sejahtera, rekreasi bisa saja tidak dilakukan demi memenuhi kebutuhan primer lainnya seperti makanan dan pakaian. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Apa pula yang dimaksud dengan basic instituons?

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini berkaitan dengan lembaga sosial. Lembaga sosial merupakan suatu sistem nilai dan sistem norma yang secara khusus menata serangkaian pola perilaku untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan bersama.

Basic institutions merupakan salah satu bentuk tipe lembaga sosial berdasarkan sistem nilai dan norma. Adapun maksud dari basic institutions sendiri adalah lembaga sosial yang sangat berperan dalam memelihara dan mempertahankan tata tertib kehidupan masyarakat.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved